Senin, 19 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Inilah Segudang Kandungan Gizi Daging Rusa

Rabu, 17 Oct 2018 18:30 | editor : Perdana

Inilah Segudang Kandungan Gizi Daging Rusa

SOLO - Tak hanya daging ayam, sapi, kambing, maupun kerbau yang bisa diolah menjadi masakan enak. Daging rusa ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan dan memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Bahkan setiap 100 gram daging rusa mengandung lemak 3,2 gram, kolesterol 112 mg, natrium 54 mg, protein 30 gram, energi 158 kkal, kalsium 7 mg, zat besi 4,5 mg, Magnesium 24 mg, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12.

Seorang Ahli Gizi, Yanti Yuliani mengatakan Nutrisi yang terkandung dalam daging rusa cukup bagus terlebih dalam hal melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu daging rusa juga bebas kolesterol, sehingga bisa dijadikan menu alternatif bagi pengidap kolesterol. Manfaat lainnya adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena mineral yang terkandung dalam daging rusa cukup banyak seperti kalsium, zat besi, magnesium dan vitamin B3. 

“Bagian organ rusa seperti hati rusa berkhasiat juga sebagai antibiotik. Ampun menangkal terjadinya infeksi dari bakteri dan virus,” jelas Yanti kepada Jawa Pos Radar Solo. 

Untuk daging rusanya sendiri, Yanti mengatakan berkhasiat untuk memperkuat tulang karena mengandung vitamin B12, mineral kalsium, dan mineral fosfor. Hal tersebut sangat mendukung dalam memperkuat tulang sehingga tidak mudah terjadi pengeroposan. Tak heran jika banyak yang memburu daging rusa. 

“Bagus untuk ibu hamil juga yang memperlukan nutrisi bagi janinnya. Mineral zat besi sangat bagus untuk memproduksi sel-sel darah merah yang merupakan alat pengangkut nutrisi ke janin. Ibu hamil tercukupi nutrisinya, demikian juga dengan janinnya,” pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia