Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Rekomendasi Olahan Daging Rusa Ala Chef Hotel

Rabu, 17 Oct 2018 18:40 | editor : Perdana

Rekomendasi Olahan Daging Rusa Ala Chef Hotel

SOLO - Untuk beberapa negara atau mungkin wilayah di Indonesia, mengkonsumsi daging rusa sudah menjadi hal biasa. Bahkan daging rusa biasanya dijadikan menu Thanksgiving di luar negeri. Katanya, daging rusa memiliki tekstur yang hampir mirip dengan daging kambing. 

Executive Chef Kusuma Sahid Prince, Setio Budi mengatakan daging rusa bisa dijadikan beragam olahan lezat, seperti rendang, sate, balado, lada hitam, apalagi diolah menjadi dendeng. Tekstur daging rusa dianggap sama dengan daging kambing, hanya saja kalau daging rusa tidak mengeluarkan bau prengus.

Setio Budi,Executive Chef Kusuma Sahid Prince

Setio Budi,Executive Chef Kusuma Sahid Prince

“Daging rusa juga memiliki warna daging yang lebih putih dibandingkan kambing maupun sapi. Tektur meski sama dengan kambing juga dapat berbeda-beda tergantung usia dari rusa itu sendiri. Ada yang alot dan ada yang tidak. 

Chef Tio juga menjelaskan, pengolahan daging rusa biasanya tergantung dari bagian dagingnya, ada bagian loin dan lainnya. Kalau loin akan lebih bagus ketika di pan seared kemudian di slow roast. Kalau bagian tenderloin, Chef Tio menyarankan di masak menggunakan sauce dengan tambahan red wine akan terasa keluar rasanya. 

Baca juga:Rusa Balekambang Overpopulasi, Warga Dipersilahkan Mengadopsi

Untuk memasak daging rusa, Chef Tio menambahkan sama seperti mengolah daging kambing mauapun sapi dalam hal perebusannya. Untuk bumbunya tergantung, si daging rusa mau diolah menjadi masakan apa. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia