Senin, 19 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

MICE Dominasi Low Season

Rabu, 17 Oct 2018 20:15 | editor : Perdana

PERAWATAN: Pembersihan kaca hotel berbintang di Solo.

PERAWATAN: Pembersihan kaca hotel berbintang di Solo. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

SOLO – Jelang akhir tahun, pengelola perhotelan berlomba mendongkrak okupansi. Apalagi saat ini masuk masa low season. Beruntung, di masa tersebut, okupansi terdongkrak event yang berhubungan dengan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

Marketing Communication Best Western Premier Solo Baru, Denis Ardhaniswara mengaku beberapa waktu terakhir tamu hotel mayoritas government dan coorporate. Persentasenya mencapai 40 persen. ”Saat ini mayoritas tamu masih MICE,” ucapnya kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (16/10).

Tren ini sudah mulai terasa sejak akhir Juli. Kemungkinan menjelang akhir tahun, akan mengalami peningkatan. Sebab banyak lembaga yang sudah mengalokasikan pos anggarannya untuk berbagai kegiatan. ”Kalau akhir tahun biasanya pos anggaran yang telah dialokasikan harus dilaksanakan," bebernya.

Diperkirakan menjelang akhir tahun, okupansi bisa mencapai 60 persen. Di mana sampai medio Oktober ini, sudah ada 18-25 persen keterisiannya. Bahkan sebentar lagi Kota Solo dan sekitarnya bakal jadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah.

Sebagai catatan, Porprov 2018 tak hanya digelar di Kota Solo saja. Sejumlah daerah di kawasan Eks Karesidenan Surakarta ikut dilibatkan. Mulai dari Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, dan Wonogiri. Mengingat venue utama Stadion Manahan masih dalam tahap renovasi.

Diperkirakan, lebih dari 3 ribu atlet dari 35 kabupaten/kota se-Jateng ikut memeriahkan pesta olahraga empat tahunan ini. Karena tuan rumah tidak menyediakan wisma atlet, hotel-hotel di Kota Solo dan sekitarnya bak ketiban durian runtuh. Jadi wisma sementara atlet peserta porprov.

Public Relation Fave Hotel, Nonik Ratna Dewi menambahkan, jelang porprov ini cukup banyak tamu yang menginap. Baik Fave Hotel Adi Sucipto maupun Solo Baru. Semua sudah terisi dengan agenda MICE.

”Kalau 19-25 Oktober saat porprov digelar, room sudah full. Belum lagi ada agenda MICE lainnya," beber Nonik. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Surakarta, R. Bagus Rahmat menyebut tingkat keterisian kamar (TPK) Agustus 2018 mencapai 51,66 persen. Dibandingkan Juli yang mengalami penurunan 5,16 persen dibandingkan Juli. ”Untuk Juli TKP mencapai 56,82 persen. Sehingga penurunan ini dianggap cukup signifikan,” urainya. (vit/fer

(rs/vit/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia