Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Ratusan Karyawan PT. Adisatex Menuntut Kejelasan Pesangon

Jumat, 19 Oct 2018 20:45 | editor : Perdana

BIMBANG: Ratusan karyawan dari PT. Adisatex yang menunggu kejelasan proses pencairan pesangon  di halaman komplek perusahaan.

BIMBANG: Ratusan karyawan dari PT. Adisatex yang menunggu kejelasan proses pencairan pesangon  di halaman komplek perusahaan. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Ratusan karyawan PT. Adisatex yang sekarang berubah nama menjadi PT. Busana Mulya Tesktil (BMT), nekat menggelar aksi damai dengan cara duduk di dalam lingkungan pabrik mulai kemarin (17/10).

Karyawan di sebuah parbik yang terletak di darah Desa Dagen, Jaten tersebut menunjut kejelasan pesangon yang harusnya mereka dapatkan.

Ratusan karyawan tersebut bahkan ada yang mengancam akan tidur di perusahaan untuk mengetahui kejelasan pesangon dari perusahaan, setelah pihak perusahaan sejak bulan Agustus resmi menutup perusahaan tersebut. Sebagian besar karyawan sudah bekerja di perusahaan tersebut hampir belasan tahun.

”Kami hanya menuntut pesangon saja, karena sejak bulan Agustus belum diberikan setelah perusahaan ditutup,” terang Parmi, salah satu mantan karyawan PT. Adisatex kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Karanganyar Waluyo Dwi Basuki ternyata sudah mengetahui kabar tersebut.

Pihaknya sudah memerintahkan petugas dari pemerintah untuk melakukan proses mediasi antara karyawan dengan pihak perusahaan. Dirinya mengungkapkan sebelumnya karyawan dan perusahaan sudah sepakat 50 persen dari besaran pesangan untuk diterima, walaupun hingga hari ini belum juga diterima.

Akan tetapi proses mekanisme pembayaran tersebut yang sampai saat ini masih dilakukan pembahasan antaran perwakilan dari karyawan dan perusahaan.

”Sebenarnya sudah ada kesepakatan antara perusahaan dan karyawan, namun sistem  pemberian pesangonnya hingga saat itu belum diberikan, baru sebatas pembahasan,” terang Waluyo Dwi Basuki. (rud/nik)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia