Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Wajah di Plester, Mahasiswa Kampanyekan Anti Hoax

21 Oktober 2018, 13: 18: 36 WIB | editor : Perdana

Wajah di Plester, Mahasiswa Kampanyekan Anti Hoax

SOLO - Aksi teatrikal anti hoaks digelar di Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (21/10/18) pagi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Diwa Center berkolaborasi dengan para mahasiswa dari Incred Laboratory Solo.

Direktur Yayasan Diwa Center, Diah Warih Anjari, mengatakan, gerakan ini untuk menolak penyebaran hoax atau kabar bohong.

"Kegiatan di CFD pagi ini sebagai bentuk kepedulian dan ekspresi kami melawan hoaks karena hoax sangat berbahaya dan bisa memecah-belah kerukunan masyarakat," jelasnya.

Di antaranya menggelar aksi sosialisasi anti hoax dengan pertunjukkan seni dan gerakan.

Seperti aksi Incred Laboratory memperlihatkan performance arts dengan media koran hingga ponsel. Mereka juga bergulung-gulung, merekatkan ponsel di wajah dengan plester.

Aksi itu untuk mewadahi dukungan warga yang melintas untuk bersama menolak hoax.

Koordinator Incred Laboratory Solo, Aryo Gunawan, mewakili teman mahasiswanya berkata, dirinya mendukung penuh acara anti hoax ini.

"Kita tampilkan bentuk performance art berdasar gagasan kami mengenai berita hoax yang terjadi sekarang ini sangat menghantui masyarakat," paparnya.

Baginya, informasi hoax dapat membodohi masyarakat.

Maka, ia pun menampilkan aksi dengan media koran sebagai simbol informasi benar.

Untuk aksi merekatkan ponsel di dahi, ia menjelaskan agar masyarakat berhati-hati dengan informasi yang beredar melalui media sosial.

"Yang terpenting adalah menyaring informasi sebelum sharing, terus waspada terhadap hoax," tegasnya. (isw)

(rs/isw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia