Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Museum Goes to Campus UNS ke-3 Resmi Dibuka

23 Oktober 2018, 13: 18: 51 WIB | editor : Perdana

Museum Goes to Campus UNS ke-3 Resmi Dibuka

Radarsolo.co.id - Museum Goes to Campus (MGtC) ke-3 resmi dibuka oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Ravik Karsidi, kemarin di auditorium kampus setempat. Dalam sambutannya, Ravik mengungkapkan pihaknya sangat menaruh perhatian yang tinggi tentang permuseuman. Ini dibuktikan dengan didirikannya Museum UNS pada tahun lalu di dalam gedung Perpustakaan UNS lantai tujuh.

"Meskipun sifatnya masih rintisan. Namun Museum UNS ini menjadi komitmen kami bahwa museum menjadi sesuatu yang penting bagi pembelajaran mahasiswa dan civitas akademika lainnya," bebernya.

Ravik menambahkan UNS juga berkomitmen pada pengembangan budaya. Bahkan kampus dikembangan berbasis budaya, khususnya budaya Jawa. Salah satunya, penyelenggaraan UNS Cultural Award tahun lalu. Ajang penganugerahan ini diberikan kepada pihak-pihak pemerhati dan pengembang budaya Jawa.

"Kami berikan award ini kepada orang-orang asing. Tercatat sebanyak 86 lembaga atau instansi internasional dari beberapa negara sangat peduli terhadap pengembangan budaya Jawa. Lembaga-lembaga tersebut kami ranking tingkat kepeduliannya melalui Javametric," jelasnya.

Ravik mengapresiasi kegiatan MGtC ini menjadi agenda tahunan kampus dan masuk dalam kalender event Pemkot Surakarta. Pihaknya optimistis kegiatan ini akan menyerap lebih dari 1.500 pengunjung tiap harinya.

"Melalui kegiatan ini museum menjadi sarana masyarakat mencintai kebudayaan dan juga menjadi inspirasi kemajuan masa depan berdasarkan sejarah masa lalu," sambungnya.

Ravik berharap ke depan kegiatan MGtC tak hanya menjadi agenda rutin kampus, namun juga menjadi branding UNS khususnya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) sebagai penyelenggara. Targetnya, MGtC di tahun depan bisa mengundang museum pendidikan tinggi di seluruh Indonesia.

"Karena sudah banyak kampus yang memiliki museum seperti di UNS. Sehingga kita kumpulkan seluruh museum pendidikan tinggi tersebut untuk menggelar pameran di sini," imbuhnya.

Dalam pembukaan MGtC ke-3, hadir pula Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta dan Direktur Permuseuman dan Cagar Budaya. (aya)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia