Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Solo

BMKG: Musim Hujan Datang, Waspada Cuaca Ekstrim

Kamis, 08 Nov 2018 18:10 | editor : Perdana

BMKG: Musim Hujan Datang, Waspada Cuaca Ekstrim

SOLO - Hujan intensitas sedang mulai turun di wilayah eks Karesidenan Surakarta dalam sepekan terakhir. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah sudah memprediksikan datangnya musim hujan pada awal November ini.

BMKG juga mengingatkan adanya cuaca ekstrim yang biasa terjadi di awal musim hujan. Kepala Seksi (Kasi) Data BMKG Jateng, Iis Widya Harmoko mengatakan, musim hujan diperkirakan terjadi awal November seperti saat ini. Hal itu ditandai dengan meningkatnya curah hujan dari biasanya.

"Jika curah hujan yang terukur dalam sepuluh hari lebih dari 50 mililiter dan diikuti 20 hari berikutnya, maka sudah dipastikan menjadi tanda musim hujan. Kita dari awal sudah memprediksi musim hujan datang sekitar awal sampai pertengahan November," jelas Iis kepada Radarsolo.co.id

Dia menyebutkan, hujan di wilayah selatan Pulau Jawa termasuk eks Karesidenan Surakarta sedikit terlambat dibanding utara Jawa. Seperti wilayah Semarang sudah diguyur hujan sejak pertengahan Oktober lalu. Namun yang perlu diantisipasi adalah cuaca ekstrim seperti hujan disertai angin maupun petir.

"Fenomena itu terjadi karena angin Monsun barat, yang juga menandai datangnya musim hujan yang sebenarnya. Jadi harus waspada dengan cuaca ekstrim," imbuhnya.

Menurutnya, tidak disarankan berteduh di bawah pohon atau benda lain seperti baliho saat hujan ekstrim. Sebab, pohon maupun baliho rawan roboh saat disapu angin ribut. Masyarakat diimbau mencari tempat yang lebih aman."Hujan ektrim kami prediksi sampai Desember nanti," tandasnya. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia