Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

Tanda Tanya Tanggal Berdiri Persis Solo, Benarkah 8 November?

Jumat, 09 Nov 2018 06:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Tanda Tanya Tanggal Berdiri Persis Solo, Benarkah 8 November?

SOLO – Persis Solo, bond kebanggaan wong Solo kini sudah berusia 95 tahun. Nyaris seabad. 8 November terlanjur diklaim sebagai hari berdirinya klub yang awalnya bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) tersebut. Merujuk pada potongan koran yang ditemukan salah seorang anggota Pasoepati, Viansyah, pada 2013 silam. Bersumber dari potongn koran berbahasa Belanda di sebuah museum di Negeri Kincir Angin.

Namun wartawan Jawa Pos Radar Solo menemukan persepsi berbeda. Di mana dalam full halaman koran Soerabaiasch Handelsblad terbitan 21 Februari 1935 membahas terkait sepak bola di Solo, khususnya eksistensi VVB.

Yang menarik dari 10 persen potongan koran tersebut, terdapat kalimat yang  mirip dengan cuilan koran yang di-upload Viansyah. Bedanya, koran Soerabaiasch Handelsblad terbitan 21 Februari 1935 tersebut tak menuliskan kalimat tentang tanggal lahir Persis Solo (selengkapnya lihat foto).

Hampir 90 persen potongan tulisan di koran ini memang sama dengan koran yang ada tuliskan 8 November sebagai tanggal lahir Laskar Sambernyawa. Sayangnya tulisan yang menuliskan kalimat VVB werd opgericht op 8 November 1923, yangberarti VVB berdiri pada 8 November 1923. Tulisan tanggal tersebut ternyata sama sekali tak tertulis di edisi Soerabaiasch Handelsblad.

Isi berita berbahasa Belanda tersebut di buka dengan oleh pertemuan petinggi asosiasi sepak bola Solo dan Jogja di Hotel Silir.

Diumumkan hasil negosiasi pemerintah memadukan antara dua serikat pekerja Jogja dan Solo, dan informasi pembentukan Asosiasi Sepakbola Vorstenlandsche Voetbal Bond.

Koran tertua yang memberitakan pendirian VVB adalah koran terbitan Solo, bernama Darmo Kondo terbitan 31 Maret 1923. Yang mana disitu tertulis, empat klub lokal di Solo, yakni Romeo, Legion, De Leeuw, Mars mendirikan bond bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond Soerakarta.

Terkait kepastian Persis berdiri di tanggal 8 November atau akhir Maret, ternyata petinggi Pasoepati Aulia Haryo angkat bicara.

”Kami memang sudah dengar ada tiga persepsi bulan kelahiran Persis Solo. Beberapa catatan memang menuliskan dengan versinya masing-masing. Hal ini tentu perlu ada penelusuran yang mendalam. Untuk saat ini kita masih berpedoman dengan apa yang diyakini tim Persis,” terangnya.

(rs/NIK/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia