Kamis, 18 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pabrik Mebel Terbakar, Diduga Kompresor Meledak

15 November 2018, 16: 57: 28 WIB | editor : Perdana

KEBAKARAN: Pabrik mabel di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol menggegerkan warga.

KEBAKARAN: Pabrik mabel di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol menggegerkan warga. (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Kebakaran pabrik mabel di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol menggegerkan warga pukul 12.45. Terpantau ada lebih dari enam pemadam kebakaran di lokasi kejadian. Api diduga berasal dari kompresor pabrik.

Karyawan Pabrik Dwi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui jelas dari mana api berasal. Sebab, saat itu dirinya dan rekan lainnya sedang beristirahat. Namun, ada informasi kalau kebakaran tersebut bermula dari kompresor. ”Tadi sempat ada bunyi kompresor kayaknya meledak. Sebab diruangan itu juga ada bahan mudah terbakar seperti thiner,” papar dia.

Setelah itu, muncul asap hitam dari lokasi kebakaran dan karyawan-pun mulai melarikan diri keluar. Api kemudian merembet dan membakar kayu yang berada di lokasi kejadian. Sampai kemarin pukul 14.00 upaya pemadaman masih dilakukan.

Setelah ada laporan kemudian pemadam kebakaran dari Sukoharjo, Solo, Wonogiri, dan beberapa wilayah lainnya mendatangi lokasi. Petugas kemudian, mensterilkan lokasi untuk lalu lintas mobil pemadam.

Sementara, Kasi Trantib, Kecamatan Grogol, Joko Miranto mengatakan, kebakaran pabrik mebel di parangjoro terjadi diunit dua bagian finishing. Laporan kebakaran sekitar pukul 12.45 WIB langsung ditindaklanjuti oleh Pemadam Kebakaran dari Sukoharjo dan back up Bakorwil Jawa Tengah. Pemadam Kebakaran dari eks Karesidenan Surakarta juga terlibat dalam upaya melokalisir dan memadamkan api.

Menurutnya, petugas pemadam terkendala sumber air karena ketiadaan hidrant dan sumber air dari Sungai Bengawan Solo jaraknya cukup jauh. Hingga saat upaya pemadaman masih dilakukan oleh sekitar 10 pemadam kebakaran. Kondisi cuaca di lokasi kebakaran mulai hujan. ”Kerugian belum bisa ditaksir,” kata dia. (yan)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia