Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Pohon Tumbang di Jalur Utama Boyolali

15 November 2018, 17: 56: 21 WIB | editor : Perdana

GOTONG ROYONG: Petugas BPBD Boyolali, Satlantas, TNI, dan relawan bahu-membahu mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Pandanaran, Rabu (14/11).

GOTONG ROYONG: Petugas BPBD Boyolali, Satlantas, TNI, dan relawan bahu-membahu mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Pandanaran, Rabu (14/11). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Pengendara yang melintas di jalur protokol Boyolali sebaiknya waspadai ancaman pohon tumbang. Paling gres, sebatang pohon besar tumbang di Jalan Pandanaran, tepatnya di sebelah barat SMKN 1 Boyolali, Rabu (14/11). Pohon tumbang karena disapu angin disertai hujan deras.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun pohon yang tumbang menyebabkan arus lalu lintas sedikit terhambat. Mencegah kemacetan panjang, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, relawan, Satlantas Polres Boyolali dan TNI langsung mengevakuasi dengan gergaji mesin.

Di ruas jalan yang sama, tepatnya di depan kantor Kecamatan Boyolali Kota dan Kelurahan Banaran juga terjadi pohon tumbang. Imbasnya Akses jalan Solo-Semarang melalui dalam kota sempat tersendat. Petugas secara marathon melakukan evakuasi.  

Sedangkan di halaman Gedung DPRD Boyolali, tiga pohon sepatu dea atau tulip Afrika berukuran besar tumbang. Beruntung tidak mengenai bangunan maupun kendaraan. Dua batang pohon berada di sebelah timur bangunan DPRD dan satu lainnya berada di sebelah barat gedung.

Pohon itu ditanam dalam kondisi sudah besar dengan cara memotong sebagian akarnya. Diduga, setelah tumbuh kembali dan berdaun rindang, akarnya tak kuat menahan terpaan angin yang kuat. ”Mungkin menanamnya kurang dalam. Atau akarnya tak kuat menahan beban pohon saat hujan deras disertai angin kencang,” ujar Yuli, 48, salah seorang pengunjung di DPRD kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Boyolali, Mulyono Santoso menambahkan, pohon-pohon yang tumbang ditanam pada 2016. Pohon tersebut ditanam bersama sejumlah pohon besar lainnya. ”Tujuannya untuk penghijauan agar suasana Gedung DPRD asri dan sejuk,” tandasnya.

Kabag Umum, Wahyuni menjelaskan, pohon akan dipotong sebagian dahan dan daunnya. Selanjutnya, batang pohon akan ditanam kembali. Namun lubangnya akan dibuat lebih dalam.

”Sehingga batang lebih dalam dan lebih kuat menancap ke tanah. Pohon akan ditanam dan ditopang batang bambu. Kami juga sudah melaporkan kejadian ini ke Dinas Lingkungan Hidup Boyolali,” ujarnya.

Sementara itu, di SMKN 1 Boyolali, dahan pohon beringin patah dan menimpa beberapa motor siswa yang parkir di bawahnya. Beberapa unit motor dilaporkan menggalami kerusakan ringan. Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Jenderal Sudirman, Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali. Ranting pohon yang cukup besar patah. Akibatnya ruas jalan dari arah timur (Jalan Ir. Soekarno) tertutup sementara waktu. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia