Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Hujan Angin, Satu Rumah Tertimpa Longsor

15 November 2018, 19: 49: 36 WIB | editor : Perdana

PARAH: Warga dibantu TNI/Polri membersihkan rumah yang diterjang longsor di Ampel, Rabu (14/11).

PARAH: Warga dibantu TNI/Polri membersihkan rumah yang diterjang longsor di Ampel, Rabu (14/11). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Hujan deras disertai angin, Rabu (14/11) sore menyebabkan bencana tanah longsor di Kecamatan Ampel, Boyolali. Kali ini longsor menimpa bangunan rumah milik Saipul, 48, warga Dukuh/Desa Candi, Ampel. Tembok samping rumah milik Saipul jebol setelah tak kuat menahan longsoran tanah.

Peristiwa diketahui terjadi sekitar pukul 15.10 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun tembok samping rumah yang roboh mengakibatkan korban mengalami kerugian belasan juta rupiah. Musibah itu terjadi saat hujan deras yang mengguyur kawasan lereng Merbabu tersebut.

Saipul mengaku kaget saat peristiwa itu terjadi. Dia tak mengira rumahnya akan rusak berat karena longsor. ”Untung saat itu tak ada yang di rumah,” bebernya kepada Jawa Pos Radar Solo.

Tembok setinggi 2,5 meter dengan lebar 6 meter roboh dihantam tanah dan material pondasi jalan. Beberapa perabot rumah tangga sebagian juga rusak. ”Kalau ditotal kerugian materi sekitar Rp 15 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil Ampel, Kapten Joko Prasetyo menyatakan, setelah mendapatkan laporan musibah itu langsung mendatangi lokasi kejadian. Beberapa personel TNI diterjunkan untuk melakukan pembersihan.

”Material tanah longsor cukup banyak yang masuk ke dalam rumah. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya di musim penghujan ini. Karena kawasan di sini memang rawan longsor saat hujan deras turun,” imbuh Joko.

Terutama bagi warga yang tinggal di bawah tebing-tebing. Tebing yang dianggap rawan diharapkan dilakukan penguatan dengan cara penanaman pohon. ”Bisa juga dengan pemasangan batu pondasi untuk penguat tanah,” bebernya.

Kapolsek Ampel, AKP Margono menambahkan, pihaknya juga telah mendatangi lokasi tempat kejadian. ”Kemungkinan pembersihan dilanjutkan besok pagi (hari ini),” tandasnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia