Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Olahan Bumbu Betutu Khas Bali 

15 November 2018, 20: 15: 51 WIB | editor : Perdana

Olahan Bumbu Betutu Khas Bali 

Radarsolo.co.id - Pernah mendengar olahan Ayam Betutu yang berasal dari Bali? Mendengarnya saja sudah membuat liur keluar ingin segera menyantapnya, terlebih jika berhasil mengolahnya. Kali ini Executive Chef Alila Solo akan menyajikan olahan Betutu menggunakan bahan dasar bebek. 

Chef Erwan mengatakan untuk membuat bumbu betutu, bahan-bahannya mudah ditemukan bahkan di Kota Solo. Beberapa bumbu yang disiapkan, seperti bawang putih, bawang merah, laos, daun jeruk, jahe, cabai, dan terasi. Bumbu-bumbu tersebut kemudian di masak kurang lebih selama 20 menit dengan api kecil. Setelah matang dihaluskan, bisa menggunakan blender. 

“Bisa diblender atau dihaluskan dengan cara diuleg. Tetapi agar memastikan halus semuanya, menggunakan blender menjadi pilihan terbaik. Setelah itu, bumbu halus tadi dilumurkan ke bebek yang sebelumnya sudah dibersihkan,” jelas Chef Erwan kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (15/11). 

Setelah bumbu tercampur rata, kemudian masak bebek. Bisa menggunakan dua cara, dengan steam masukkan oven kurang lebih 1-2 jam. Atau dengan cara diungkep dengan air secukupnya. Dengan sesekali dibolak-balik. 

Sembari menunggu bebek betutu jadi, Chef Erwan siapkan urap khas Bali. Dengan mencampur beberapa sayuran fresh dengan bumbu parutan kelapa yang memiliki cita rasa pedas. Setelah matang, potong bebek sesuai selera, sajikan dengan nasi putih hangat, urap, dan beberapa lalapan untuk lebih mempercantik tampilan. 

“Karena melumuri bumbu terlebih dahulu sebelum di oven maupun di ungkep, ini membuat bumbu melekat pada bebek. Selain itu juga membantu menghilangkanbau amis pada bebek,” pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia