Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

1100 Penari Meriahkan Hari Jadi Karanganyar

17 November 2018, 19: 13: 23 WIB | editor : Perdana

KONSEP KEJUTAN: Gladi resik pertunjukan 1100 penari untuk persiapan rangkaian peringatan Hari Jadi Karanganyar yang bakal dilaksanakan, Minggu (18/11) pagi.

KONSEP KEJUTAN: Gladi resik pertunjukan 1100 penari untuk persiapan rangkaian peringatan Hari Jadi Karanganyar yang bakal dilaksanakan, Minggu (18/11) pagi. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Sebanyak 1100 penari dijadwalkan bakal tampil dalam upacara perayaan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar yang ke-101 yang bakal digelar di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Minggu (18/11) pagi.

Penari ini sendiri berasal dari perwakilan pelajar yang ada di masing-masing sekolah di Bumi Intanpari. 

Koreografi tari ini sendiri nantinya akan menceritakan tentang perjuangan Nyi Ageng Karang, termasuk saat dirinya bertemu dengan Raden Mas Said sewaktu mendirikan Kabupaten Karanganyar. Sandratari tersebut mengambil judul Derkuku Karang.

 ”Untuk tahun ini nanti akan berbeda ceritanya dengan tahun-tahun sebelumnya yang menggambarkan perjuangan Raden Mas Said. Kali ini kita sengaja mengangkat sosok atau tokoh dari Nyi Ageng Karang, yang merupakan salah satu pendiri Karanganyar,” ucap Ari Kuntarto, Koreografer Tari HUT Karanganyar kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin.

Nyi Ageng Karang bertemu Raden Mas Said di salah satu tempat di lereng Gunung Lawu. ”Lokasi pertemuan antara Raden Mas Said dan Nyi Ageng Karang itulah yang akhirnya memunculkan nama Karanganyar, sedangkan dalam pentas tari yang digelarkan nantinya berjudul Derkuku Karang,” ujarnya. (rud/nik)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia