Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

5 Tips Sebelum Tes HIV Ala Youtuber Acep Gates

18 November 2018, 10: 15: 59 WIB | editor : Perdana

5 Tips Sebelum Tes HIV Ala Youtuber Acep Gates

Radarsolo.co.id - Beberapa waktu ini, para viewer Youtube sedang dihebohkan dengan kehadiran channel Acep Gates. Dimana dia terang-terangan mengakui bahwa dirinya positiv HIV. Melalui channel Youtubenya, Acep membagikan pengalaman serta memberikan motivasi. 

Acep Gates dalam channelnya menceritakan bahwa untuk memastikan, dirinya melakukan tes ke rumah sakit. Ada beberapa hal yang dia lakukan dan itu bisa menjadi masukan untuk yang lainnya. Lima tips sebelum melakukan tes HIV ala Acep Gates.

1. Membaca dan Menonton

Untuk mengurangi rasa takut dan cemas,  membaca pengetahuan atau info mengenai HIV itu sangat penting. Namun, tetap harus dipilah dan dipilih. Sebaiknya jangan mencari info mengenai HIV di tahun-tahun lampau. Karena perkembangan teknologi dan dunia kesehatan sekarang ini sudah sangat canggih dan maju. Berbeda dengan kondisi jaman dahulu. Selain itu juga banyak menonton tayangan yang berisi motivasi hidup, terlebih dari orang-orang ODHA. 

2. Gabung Group di Sosial Media

Join grup media sosial. Acep menyarankan salah satunya adalah Facebook. Karena disitu banyak sekali jaringan grup yang bisa membantu teman-teman untuk memberikan pengetahuan mengenai HIV. Bahkan Acep tidak hanya bergabung group yang ada di Indonesia saja, melainkan juga luar negeri. Sehingga pengetahuan akan HIV bisa meluas. 

3. Riset Tempat Tes HIV 

Riset terlebih dahulu tempat yang akan digunakan untuk tes, baik Puskesmas maupun rumah sakit. Bisa search terlebih dahulu atau minta rekomendasi. Sehingga teman-teman bisa merasa nyaman. 

baca juga: Pasien ODHA Masih Berkesempatan Miliki Anak Sehat

4. Menerima Kekurangan Diri

Acep sendiri mengaku masih berjuang dan sellau berusaha untuk menerima kondisinya saat ini. Hal inilah yang dianjurkan Acep kepada para viewer channelnya. Secara mental harus siap menghadapi segala hasilnya. Bahkan Acep melakukan tes dua kali untuk memastikan. Selain itu juga membuang pemikiran negatif. 

5. Ajak Teman Untuk Menemani

Yang dihadapi adalah Tes HIV. Sebaiknya mengajak satu teman untuk menemani. Karena apapun keputusannya setidaknya ada seseorang yang mensupport ketika down.(gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia