Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Tarif Parkir Resmi Naik 100 Persen

19 November 2018, 09: 30: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Tarif parkir tepi jalan umum di Klaten naik 100 persen.

Tarif parkir tepi jalan umum di Klaten naik 100 persen. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN - Tarif parkir di tepi jalan umum di Klaten resmi naik 100 persen. Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2018 tentang Retribusi Jasa Umum yang digodok belum lama ini. Menggantikan Perda Nomor 18 Tahun 2011 yang telah usang sebagai tindaklanjut penyusaian tarif parkir.

Perda yang baru ini subtansinya hanya penyesuaian tarif parkir yang naik. Tarif parkir roda dua yang awalnya Rp 500 menjadi Rp 1.000. Roda empat dari Rp 1.000 menjadi Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan di atas roda enam tarifnya Rp 10.000.

Aturan baru mengenai tarif parkir tersebut telah dua kali disosialisasikan. Menyasar pihak ketiga yang selama ini mengelola 13 titik parkir di tepi jalan umum di Klaten. Pengelolaan parkir memang selama ini dikerjasamakan oleh Dishub secara keseluruhan.

Keputusan ini tidak sampai memunculkan gejolak yang berarti. Baik dari pihak ketiga selaku pengelola maupun masyarakat. Sebab tarif parkir ini hanya menyesuaikan kondisi sekarang. Jauh sebelum perda diberlakukan, tarif parkir di tepi jalan umum sudah sesuai dengan aturan baru.

”Rata-rata masyarakat saat ini membayar parkir roda dua Rp 1.000. Saya kira sudah sangat jarang yang membayar Rp 500 sesuai perda lama. Kebanyakan Rp 1.000 atau ya lebih dari itu,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Slamet Widodo kepada Jawa Pos Radar Solo, Minggu (18/11).

Perubahan tarif parkir di tepi jalan umum praktis mendongkrak target dari hasil rertibusi jasa umum tahun depan. Tahun ini, Dishub Klaten ditargetkan memperoleh pemasukan dari parkir sebesar Rp 1, 4 miliar. Hingga akhir Oktober, masih ada kekurangan sekitar Rp 80 juta. Slamet optimistis pihaknya bisa melampaui yang ditetapkan itu.

Sementara itu tahun depan target naik Rp 1,7 miliar. Dishub dalam waktud ekat bakal melakukan pendataan potensi parkir di tepi jalan umum di sejumlah titik. Bakal dilakukan pengamatan dan peninjauan.

”Survei tidak cukup sehari saja. Akan kami amati bagaimana kondisi parkirannya. Bagaimaan tingkat keramaiannya saat tanggal muda atau tua. Termasuk di hari biasa maupun akhir pekan. Agar hasilnya bisa dibuat rata-rata,” tandas Slamet.

Suryanto, 48, juru parkir di jalan protokol di Kota Bersinar mengaku sudah mengetahui kenaikan tarif tersebut. Namun, justru di level masyarakat yang belum terlalu paham aturan baru ini. Masih banyak yang membayar Rp 500.

”Saya minta sosialisasi juga intensif ke masyrakatnya. Termasuk mengganti papan informasi mengenai tarif parkir di tepi jalan umum. Setidaknya masyarakat tahu kalau tarif parkir saat ini naik,” bebernya. (ren/fer)

INI DAFTAR TARIF PARKIR BARU DI KLATEN

Rp 1.000           Tarif parkir sepeda motor

Rp 2.000           tarif parkir roda empat

Rp 10.000         Tarif parkir roda enam ke atas

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia