Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Geliatkan Literasi lewat Perpustakaan Keliling

19 November 2018, 11: 30: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Siswa SDN Bekonang 3 Sukoharjo membaca buku dan menuliskan kembali isi buku yang mereka baca.

Siswa SDN Bekonang 3 Sukoharjo membaca buku dan menuliskan kembali isi buku yang mereka baca. (SEPTINA FADIA PUTRI/RADAR SOLO)

SOLO - Geliat gerakan literasi terus digaungkan, baik di dunia pendidikan maupun masyarakat. Seperti yang dilakukan Komunitas Sekolah Penerus Bangsa (SPB) ini. Mereka mengajak siswa SDN Bekonang 3 Sukoharjo agar giat membaca.

Mereka bekerja sama dengan Dinas Kepustakaan dan Kearsiapn Daerah Kabupaten Sukoharjo. Yakni, dengan menerjunkan perpustakaan keliling ke daerah paling ujung timur utara Sukoharjo itu.

Puas memilih buku, masing-masing siswa diminta membaca buku pilihannya dan menceritakan kembali isi buku bacaan mereka di hadapan teman-temannya. Tak hanya itu, kegiatan ini diselingi dengan berbagai games menarik agar siswa tidak jenuh. Kegiatan dilanjutkan dengan menuliskan cita-cita setiap siswa pada 'pohon harapan' yang kemudian ditempelkan di dinding kelas.

Diharapkan dengan menuliskan cita-cita, mereka akan termotivasi untuk rajin belajar agar dapat meraih cita-cita. Kegiatan ditutup dengan pemilihan duta literasi dari setiap kelas yang dipilih berdasarkan keaktifan dan antusiasme siswa dalam kegiatan membaca.

Seluruh siswa SDN Bekonang 03 nampak antusias dengan kegiatan ini. Terlihat dari raut wajah mereka yang ceria dan bersedia mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

“Kami mahasiswa UNS yang tergabung dalam Komunitas SPB mengadakan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap pendidikan di Indonesia. Terlebih terhadap kurangnya kebiasaan literasi bagi siswa. Kami berharap lewat kegiatan ini dapat menularkan kebiasaan literasi bagi siswa SDN Bekonang 3,” beber Ketua Pelaksana SPB 2018 Mengajar, Rofiq.

Kepala SDN Bekonang 3 Sugiatno mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Sekaligus membantu para guru meningkatkan budaya literasi anak-anak karena kegiatan dikemas dengan sangat menarik.

“Masih dalam nuansa Hari Pahlawan mari bersama-sama kita lanjutkan perjuangan para pahlawan salah satunya dengan menuntut ilmu dan membiasakan rajin membaca,” ujar Sugiono. (aya/bun)

(rs/aya/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia