Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Pantau Aktivitas Pendaki, CCTV Kepung Gunung Merbabu

23 November 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

CCTV sudah terpasang di beberapa titik di puncak Gunung Merbabu untuk memantau aktivitas pendaki.

CCTV sudah terpasang di beberapa titik di puncak Gunung Merbabu untuk memantau aktivitas pendaki. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI - Penanganan kondisi darurat di Gunung Merbabu kini bakal lebih cepat dan tepat. Sebab, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) sudah memasang kamera closed circuit television (CCTV) di kawasan puncak gunung berketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

Kepala BTNGMb Edy Sutiyarto mengatakan, pemasangan kamera CCTV ini untuk mempermudah pemantauan kondisi di puncak gunung tersebut dari jarak jauh secara langsung. Apabila terjadi situasi darurat atau ada kecelakaan pendaki, harapannya tim bisa lebih tepat dan cepat dalam mengambil tindakan atau memberikan penanganan.

Untuk sementara ini CCTV baru terpasang di jalur Selo, Boyolali. Namun ke depan CCTV juga akan dipasang di jalur pendakian lain Gunung Merbabu. Yaitu jalur Cunthel, jalur Thekelan, jalur Suwanting, dan jalur Wekas.

“Dipilihnya jalur Selo sebagai lokasi perdana pemasangan CCTV karena jalur relatif ramai dan memiliki beberapa tempat berkemah yang cukup luas,” ujarnya.

Pemasangan CCTV dipilih di sabana 1. Sebab, hanya di tempat tersebut yang paling memungkinkan sinyal pemancar bisa langsung ke kantor BTNGMb di Jalan Merbabu No 136 Boyolali.

Ada tiga kamera CCTV yang terpasang pada sebuah menara di sabana 1 tersebut. Satu kamera mengarah ke puncak Merbabu. Satu kamera mengarah ke area perkemahan dan satu kamera lagi mengarah ke bawah, memantau panel surya yang menjadi sumber listriknya.

“Setelah ada CCTV tersebut, aktivitas pendaki di lokasi tersebut dan jalur menuju puncak kini bisa dipantau dari kantor BTNGMb di Boyolali,” ujarnya.

Sebelumnya, situasi di perkemahan di kawasan puncak Merbabu itu diperoleh dari laporan pendaki atau pengamatan petugas/sukarelawan yang datang langsung ke lokasi.  Namun sekarang aktivitas pendaki yang sedang kemah di sabana 1 pun bisa terpantau. Selain itu, juga jalur pendaki yang turun maupun hendak naik ke puncak Merbabu melalui jalur Selo, Boyolali ini bisa dipantau.

Menurut Edy, kamera CCTV tidak hanya dipasang di sabana 1. Namun BTNGMb juga memasang CCTV di kantor Resort Selo yang berada persis di pintu masuk pendakian Merbabu dan di kantor balai. Pemasangan CCTV sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Saat ini masih tahap uji coba, meskipun sebenarnya CCTV dan layar ini sudah berfungsi,” imbuhnya. (wid/bun)

Lokasi Pemasangan CCTV 

1. Menara di sabana 1. 

2. Satu kamera mengarah ke puncak Merbabu

3. Satu kamera mengarah ke area perkemahan

4. Satu kamera lagi mengarah ke bawah untuk memantau panel surya yang menjadi sumber listriknya.

5. Kantor Resort Selo di depan pintu masuk pendakian

6. Kantor BTNGMb Boyolali

(rs/wid/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia