Kamis, 18 Jul 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemkot Gelar Karya Inovasi

23 November 2018, 18: 23: 15 WIB | editor : Perdana

BERI YANG TERBAIK: Gelar karya inovasi dari kelurahan dan sejumlah sekolah di balai kota.

BERI YANG TERBAIK: Gelar karya inovasi dari kelurahan dan sejumlah sekolah di balai kota. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Wujud pemkot meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya dengan menggelar gelar karya inovasi pemkot selama dua hari, 22-23 November di balai kota. Kegiatan ini diikuti 51 kelurahan, 27 SMP negeri, dan sepuluh SD negeri. 

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengaku sudah menyiapkan program inovasi di tiap instansi. “Efeknya, di tahun 2017 pemkot berhasil menyabet beberapa penghargaan inovasi tingkat nasional. Seperti Besuk Kiamat (bela sungkawa kirim akta kematian) dan menjadi daerah paling inovatif di Indonesia tahun 2017 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri,” bebernya.

Apapun inovasi yang dihasilkan, lanjut wali kota, bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat mengakses pelayanan serta meningkatkan akuntabilitas instansi agar lebih transparan.

Sementara itu, salah satu peserta pameran dari SMPN 9 Surakarta memamerkan program yang diberi nama Sanak Sapot (satu anak satu pot). Tujuannya adalah mengajak murid membawa satu pot tamanan ke sekolah dan wajib merawatnya.

“Murid kelas 7-9 termasuk para guru wajib membawa satu pot tanaman ke sekolah. Mereka juga melaporkan kondisi tanaman setiap hari dalam sebuah buku laporan. Intinya semua harus bertanggung jawab untuk merawat tanaman itu,” jelas Dwi, guru seni rupa SMPN 9 Surakarta. (dam/wa)

(rs/bram/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia