Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Mesin Oven ATW Ngrejekeni UKM Karak Sukoharjo

27 November 2018, 15: 49: 54 WIB | editor : Perdana

PROSES CEPAT: Mesin oven pengering karak karya ATW Surakarta.

PROSES CEPAT: Mesin oven pengering karak karya ATW Surakarta.

Share this      

SUKOHARJO – Akademi Teknologi Warga (ATW) Surakarta, pelaksana rancang bangun mesin oven pengering karak nasi telah berhasil  meningkatkan produksi. Menyasar usaha kecil menengah (UKM) karak nasi sukoharjo. Program kegiatan tersebut diselenggarakan Dirjenristekdikti tentang P2M Pengabdian pada Masyarakat bernama PKM program kemitraan masyarakat.

”Administrasi kegiatan kelembagaan perguruan tinggi tersebut dikelola LPPM ATW Lembaga Penelitian dan Pengabdian. Pada tahun realisisasi anggaran 2018 ini, ATW diberikan kepercayaan Dirjenristekdikti 4 judul pelaksanaan pengabdian masyarakat PKM, dan mesin oven double blow chamber. Diketuai Joko Yunianto P ST.,MT (jokoyp.atw@gmail.com) tersebut salah satunya,” kata Lujeng Widodo ST.,MT, ketua LPPM ATW.

Pembuatan mesin oven ini berawal dari permasalahan kualitas dan kuantitas proses pengeringan karak yang hanya terbatas menggunakan sinar matahari. Laksono selaku pemilik dan ketua kelompok usaha tersebut bersama Tim P2M ATW yang diketuai Joko Yunianto P ST.,MT, segera berkoordinasi dengan anggotanya yang terdiri dari dosen multidisiplin, karyawan laborat, dan beberapa mahasiswa. 

Juga bersama dengan UKM tersebut untuk mencoba beberapa alternatif penyelesaiannya. Sehingga terwujud mesin oven double blow chamber. Disertai nampan rotary yang telah mampu mengeringkan 160 potong x 4 nampan. Atau sekitar 640 potong karak per 30 menit. Mesin oven tersebut berdimensi 3 x 3 x 1,3 meter dengan menggunakan bahan plat stainless steel food grade yang aman bagi produk makanan. 

Manfaat utama dari kegiatan ini adalah terjalinnya hubungan harmonis antar ABG Academic, Bussines, and government. ATW merupakan bidang akademisi yang konsisten dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. UKM karak nasi Sukoharjo selaku pihak pengusaha selalu giat bersaing dan kreatif. Sementara Dirjendristekdikti selaku pemerintahan yang berwenang pengelolaan peraturan dan kebijakan dalam pengembangan Indonesia menjadi lebih tepat sasaran. (adv/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia