Kamis, 25 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

25 Kecamatan Ikuti Festival Ketoprak 2018

28 November 2018, 11: 59: 35 WIB | editor : Perdana

25 Kecamatan Ikuti Festival Ketoprak 2018

KLATEN- Terdapat 25 kecamatan ikut serta dalam Festival Ketoprak 2018 yang diselenggarakan Dewan Kesenian (Wankes) Klaten. Gelaran Festival Ketoprak digelar di panggung terbuka di halaman kompleks RSPD Klaten selama lima hari mulai 26-30 November 2018. Hanya kontingen dari Kecamatan Polanharjo yang tidak ikut dalam festival kali ini.

Festival Ketoprak antar kecamatan itu pun mendapatkan sambutan dari salah seniman ketoprak "Jimbling" Supriyadi. Terlebih lagi dirinya juga ikut tampil mewakili kontingen dari Kecamatan Cawas.

"Tentunya kami menyambut baik dan mengapresiasi gelaran festival ketoprak ini. Apalagi ketoprak hanya dirasakan kelompok-kelompok pinggiran. Tetapi kali ini melibatkan pejabat yang ada di daerah sehingga ikut serta andil dalam nguri-nguri budaya," jelas Jimbling, Rabu (28/11).

Lebih lanjut, Jimbling mengungkapkan dengan penyelenggaraan festival semakin menegaskan jika upaya pelestarian ketoprak bukan sekedar retorika saja. Tetapi memang telah diimplementasikan dengan melibatkan berbagai pihak. Harapannya ada bentuk perhatian dari Muspika kedepannya.

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Kesenian (Wankes) Klaten FX Setyawan mengatakan selama November-Desember terdapat 25 kegiatan. Mulai dari pameran, festival, pagelaran hingga workshop guna melestarikan berbagai macam kesenian tradisional di Klaten.(ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia