Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Malam Hari, Bisa Jual Suvenir di City Walk 

30 November 2018, 16: 30: 59 WIB | editor : Perdana

IKONIK: Kualitas city walk di Jalan Slamet Riyadi terus dibenahi guna meningkatkan kenyamanan masyarakat.

IKONIK: Kualitas city walk di Jalan Slamet Riyadi terus dibenahi guna meningkatkan kenyamanan masyarakat. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Belum puas dengan kondisi city walk Jalan Slamet Riyadi yang sekarang, pemkot mulai menyusun strategi untuk penataan. Di antaranya dengan mengonsep ala Jalan Malioboro di  Jogjakarta.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, city walk Jalan Slamet Riyadi merupakan pedestrian terpanjang di Indonesia. Dia ingin menjadikan city walk lebih hidup dibandingkan saat ini.

"Sekarang sudah diperbaiki dari Purwosari sampai Gladak. Tanaman ditata jadi lebih terang, terbuka. Nanti, kalau malam bisa untuk jualan suvenir atau oleh-oleh khas Kota Solo," ungkap dia, Kamis (29/11).

Suasana malam di city walk, lanjut Rudy, lebih hidup dengan tambahan lampu penerangan yang akan dipasang di seluruh lajur. Selain pedagang suvenir, wali kota juga mempersilakan pelaku seni tampil di sepanjang area pejalan kaki tersebut.

"Apalagi kalau Solo is Solo (mural) sudah merata di seluruh Jalan Slamet Riyadi, pasti akan menambah keindahan. City walk nggak akan kumuh seperti dulu. Kalau dulu bahkan buat pacaran," terangnya.

Ke depan, masyarakat akan diberi pengetahuan soal penggunaan city walk. Di antaranya, pelarangan kendaraan bermotor masuk ke lokasi bersangkutan. Besi yang membatasi akses city walk akan dihilangkan. Sebagai gantinya, petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) dikerahkan di setiap titik untuk mencegah kendaraan masuk city walk. 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagyo mengaku siap melakukan penataan jika memang akan dibuka ruang usaha di city walk Jalan Slamet Riyadi. "Selama tidak mengganggu hak pengguna jalan, tidak masalah," tutur dia. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia