Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Dua Desa di Klaten Jadi Percontohan Desa Damai

05 Desember 2018, 20: 10: 03 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Diskusi Desa Damai di Kota Solo.

Diskusi Desa Damai di Kota Solo. (BOY ROHMANTO/RADAR SOLO)

KLATEN - Desa Nglnggi, Kecamatan Klaten Selatan dan Desa Gemblegan, Kecamatan Kalilotes di Klaten diinisiasi menjadi desa damai. Beberapa waktu lalu sudah dilakukan diskusi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda maupun kelompok ibu-ibu.

Diskusi yang berlangsung dua hari di Kota Solo. Berusaha menyusun sembilan indikator menuju desa damai. Program kerjasama antara Wahid Foundation dan UN Women (entitas PBB untuk kesetaraan Gender dan pemberdayaan perempuan) menyasar delapan desa di  tiga provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Advisor Program M. Jazuli mengatakan, program desa damai dijalankan karena berawal dari keprihatinan maraknya konflik horizontal di masyarakat. Salah satu penyebabnya rasa toleransi yang masih kurang. Termasuk masyarakat yang mudah terprovokasi.

“Sebagai langkah untuk mengurangi konflik yang terjadi tentu harus dibuat komunitas dan lokasi yang damai. Salah satunya dibentuknya desa damai, untuk Klaten ada dua yang jadi contoh Desa Nglinggi dan Desa Gemblegan,” ujarnya.

Dalam desa damai nanti sudah terdapat deteksi dini persoalan sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga dapat diselesaikan lebih awal sebelum masalah tersebut menjadi besar. Peran tokoh dan perangkat desa menjadi penting.

“Semua pihak harus diajak duduk bersama untuk mencari solusi. Sehingga jalan keluar dapat dicari untuk kepentingan bersama,” imbuhnya. (oh)

(rs/fer/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia