Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo
Keseruan Para Pemain Cosplay

Bukan Hanya Sekedar Hobi Yang Menghabiskan Uang 

06 Desember 2018, 15: 04: 36 WIB | editor : Perdana

Bukan Hanya Sekedar Hobi Yang Menghabiskan Uang 

SOLO – Permainan kostum atau yang sering disebut Cosplay ternyata digemari oleh banyak orang. Cosplay ini merupakan hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. 

Kota Solo ternyata menjadi salah satu kota yang cukup banyak memiliki komunitas Cosplay yang cukup eksis. Salah satu anggota komunitas Cosplay, Janu mengatakan Cosplay ini muncul karena masing-masing orang pasti memiliki tokoh kartun, animasi, atau manga dari kecil. Janu sendiri sangat senang dengan tokoh Kamen Rider yang menjadi tontonan wajib disaat masih kecil.

“Saking kecintaan aku sama Kamen Rider, rasanya itu ingin seperti dia. Dengan menggunakan baju zirahnya atau baju yang menggambarkan karakter itu sendiri. Semakin kesini ternyata teman-teman yang suka Cosplay cukup banyak, berkumpulah kita dan sering mengikuti beberapa event,” jelas Janu kepada Jawa Pos Radar Solo. 

Tak hanya sekedar hobi saja, Cosplay ini ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Bahkan kompetisi yang diadakan bukan hanya tingkat kota tetapi hingga internasional. Dan tak tanggung-tanggunghadiah yang bisa diraih bisa dijadikan tabungan. 

Salah satu anggota komunitas lainnya, Weni mengakui bahwa Cosplay bukan hanya sekedar bermain-main kostum saja. Saking kecintaannya, beanyak cosplayer yang mengeluarkan budget lebih untuk bisa sama persis dengan tokoh yang di idolakan. Mulai dari make up, baju, hingga aksesorisnya. 

“Untuk harga yang dikeluarkan dalam ber-cosplay sebenarnya tidak perlu mahal. Kita bisa memilih karakter anime atau manga dengan kostum yang simple atau malahan bisa memanfaatkan baju yang sudah kita mulai. Namun, jika ingin tampil sama pasti harganya cukup mahal, bisa diatas Rp 1 juta,” pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia