Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Tirtonadi Tambah Personel Sambut Nataru

06 Desember 2018, 19: 26: 13 WIB | editor : Perdana

TRANSPORTASI PUBLIK: Kesibukan di Terminal Tirtonadi dipastikan meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru.

TRANSPORTASI PUBLIK: Kesibukan di Terminal Tirtonadi dipastikan meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

SOLO – Mengantisipasi membeludaknya penumpang pada libur panjang Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan menyiapkan 50 armada bus mudik gratis dengan tujuan Terminal Tirtonadi.

Selain itu, pengelola terminal setempat juga mengoptimalkan sarana prasarana dan penambahan personel. "Prediksi lonjakan penumpang hampir sama dengan libur Lebaran. Jadi, berbagai fasilitas tambahan dan personel kami siapkan agar mampu memaksimalkan pelayanan," ujar Koordinator Terminal Tirtonadi Joko Sutriyanto kemarin (5/12). 

Meski armada mudik gratis tidak sebanyak waktu Lebaran, Joko tetap mempersiapkan skema masuknya bus ke dalam terminal. Mengingat, di simpang empat Gilingan Jalan A. Yani ada proyek betonisasi jalan.

"Kan di situ (simpang empat Gilingan,Red) berhadapan dengan pintu masuk bus kita. Nanti armada bisa kita alihkan dulu menuju pintu utama, kalau memang pengerjaan (betonisasi,Red) belum selesai. Skema seperti ini penting dilakukan guna mengatasi kemacetan, apalagi jika tingkat kedatangan bus tinggi," bebernya.

Upaya lainnya, pembagian jadwal tugas dalam tiga sif selama 24 jam. Jumlah personel juga ditambah untuk melakukan ramcek, pengamanan, dan bagian informasi.

Terkait jumlah armada mudik gratis yang akan masuk Solo, Joko belum bisa memastikan. Pihaknya masih menunggu menunggu perkembangan dari Kementerian Perhubungan. Konfirmasi tersebut, jumlah armada mudik gratis sebanyak 50 unit.

Kesiapan juga dilakukan Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Mereka akan menyebar petugas di sejumlah titik guna memastikan kelancaran arus lalu lintas.

“Personel diterjunkan di ruas jalan yang terpantau padat serta dalam masa perawatan atau kontruksi," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia