Kamis, 13 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Perajin Batik Kudu Melek Internet

07 Desember 2018, 09: 45: 59 WIB | editor : Perdana

Perajin Batik Kudu Melek Internet

SOLO – Perajin batik tradisional, terutama mereka yang berada di pelosok pedesaan perlu memahami perkembangan teknologi informasi. Terutama dalam hal memasarkan hasil produknya. Itu agar mereka tak tergerus zaman.

“Segala hal yang berhubungan dengan internet bisa dipakai untuk mengembangkan bisnisnya,” ungkap Pakar Batik Tradisional Universitas Batik (UNIBA) Sholichul Hadi kepada Jawa Pos Radar Solo kemarin (6/12).

Menurutnya, masih banyak perajin batik tradisional belakangan ini mengeluh kesulitan mengembangkan usaha batiknya. Penyebabnya, karena mereka gagal paham dalam memahami market terbaru dan gagal paham terkait harga terkini.

"Akibatnya mereka sering ketinggalan masalah perkembangan pasar. Semua itu bisa diselesaikan apabila kita memahami teknologi informasi atau internet," bebernya.

Targetnya, lanjut Sholichul bukan hanya  penguasaan teknologi informasi, tetapi juga menyangkut penguasaan manajemen dan paham akuntansi, pajak, investasi dan sebagainya.

"Dengan demikian perajin batik tradisional tidak hanya melek teknologi informasi, tetapi juga bisa perajin yang mampu bersaing, serta bisa menjadi intreprenuer yang berhasil," urai dia. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia