Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Dikira Sampah, Uang Jutaan Rupiah Mbah Saliyem Terbakar

09 Desember 2018, 06: 28: 39 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Siss-sisa uang milik Mbah Saliyem yang terbakar.

Siss-sisa uang milik Mbah Saliyem yang terbakar. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Nasi sudah menjadi bubur. Penyesalan yang dialami Mbah Saliyem, warga Dusun Bulu RT 1 RW 3 Desa Baleharjo, Kecamatan Eromoko, Wonogiri. Lansia 79 tahun ini tiap hari meratapi uang Rp 4,5 juta yang dibakar warga karena dikira sampah. Saat gotong royong membersihkan rumahnya, Jumat (7/12).

Ceritanya, saat itu warga sedang membersihkan seluruh perabot di rumah Mbah Saliyem. Maklum rumahnya baru selesai direhab karena termasuk rumah tak layak huni (RTLH). Karena masih berantakan, warga inisiatif iuran Rp 10 ribu untuk bersih-bersih.

Semua barang perabot di keluarkan. Sedangkan barang yang tak berharga beserta sampah lalu dibakar. Termasuk senik (wadah beras) yang ad di samping keranjang sampah.

Mbah Saliyem yang uangnya terbakar.

Mbah Saliyem yang uangnya terbakar. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Rupanya warga tidak tahu di dalam senik itulah Mbah Saliyem menyimpan tabungannya Rp 4,5 juta. Sadar uangnya tak sengaja dibakar warga, sontak Mbah Saliyem menangis histeris serta beberapa kali pingsan.

"Saliyem salah satu warga yang mendapatkan program bedah rumah. Pekan lalu rumahnya sudah selesai dibedah. Namun kondisi masih berantakan. Jadi warga iuran buat bersih-bersih rumahnya," kata Danang Erawanto, Camat Eromoko kepada Jawa Pos Radar Solo, Minggu (9/12).

"Namanya bersih-bersih, barang-barang yang kotor dan tidak terpakai dibakar. Ternyata ada uang korban yang dibungkus dengan plastik dimasukan dalam senik turut terbakar," imbuh Danang.

Dalam waktu dekat Pemerintah Kecamatan Eromoko akan memfasilitasi untuk menukarkan uang milik Mbah Saliyem ke Bank Indonesia. Mendengar kabar itu, saat ini, kondisi Saliyem sudah lebih baik, meskipun masih sering termenung memikirkan uang hasil tabungannya.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia