Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Pilkades Desa Blimbing Panas, Dipicu Dugaan Panitia Coblos 2 Surat

11 Desember 2018, 20: 11: 50 WIB | editor : Perdana

Pilkades Desa Blimbing Panas, Dipicu Dugaan Panitia Coblos 2 Surat

SUKOHARJO - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Blimbing, Kecamatan Gatak sempat memanas, Selasa (11/12). Sebab, diduga ada anggota panitia pemilihan yang mau mencoblos dua kali. Namun, kasus ini sudah diselesaikan oleh Muspika Gatak. 

Camat Gatak Sumirahayu mengatakan, Kejadian tersebut terjadi di TPS 01 Desa Blimbing. Ada panitia yang informasinya mau mencoblos dua kali. Dia membawa dua surat suara. Namun, saat hendak melakukan hal tersebut diketahui saksi. "Itu belum sampai mencoblos surat suaranya. Tapi diketahui saksi dan dilaporkan ke Muspika. Kita lakukan klarifikasi," papar dia. 

Setelah itu, pihak Muspika Kecamatan Gatak melakukan konfirmasi atas kejadian tersebut. Sebab, yang melakukan tindakan tersebut adalah anggota panitia pemilihan. Setelah dilakukan pengecekan anggota panitia tersebut mengaku hendak mencobloskan adiknya yang mengalami gangguan jiwa. 

Setelah ketahuan salah satu surat yang dibawa anggota panitia tersebut disobek. Sementara, satu surat dimasukan ke kotak suara. Sebab, anggota panitia tersebut juga memiliki hak suara. "Kita sudah kumpulkan panitia, calon desa, dan semua sudah menerima. Tidak ada yang dirugikan," papar dia. 

Sementara itu, Kapolsek Gatak AKP Yulianto mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, dalam kasus ini tidak mengarah ke jalur hukum. Semua sudah diselesaikan secara kekeluargaan. "Tidak sampai ke kausus hukum untuk kejadian ini," papar dia. 

Terkait Pilkades ini aturan hukumnya juga berbeda dengan pemilu. Ada Perda dan peraturan Bupati yang mengatur. Dari pengakuannya dia ingin mencobloskan adiknya yang mengalami gangguan (idiot). Bukan lantaran disengaja. Hal itu sudah dikonfirmasi. "Sudah dikumpulkan semua dan semuanya bisa menerima. Tidak ada persoalan lagi. Sudah ada surat pernyataan juga," jelasnya. (yan)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia