Selasa, 20 Aug 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Gaungkan Gerakan Nasional Sahabat Anak

12 Desember 2018, 21: 50: 25 WIB | editor : Perdana

Gaungkan Gerakan Nasional Sahabat Anak

KLATEN - Penyimpangan perilaku anak dan remaja dampak dari penggunaan gadget menjadi perhatian psikolog sekaligus pemerhati anak Seto Mulyadi. Dirinya pun mendorong peran orang tua melalui pendampingan dengan menggaungkan gerakan nasional sahabat anak. Hal itu langsung diutarakannya dalam acara talk showyang diselenggarakan caring mom community (CMC) Klaten di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten.

“Saat di rumah orang tua harus bisa menjadi sahabat anak dengan melakukan berbagai kegiatan alternative. Mulai dari dolanan anak, menyanyi bersama hingga mendongengkan dengan kreatifitasnya. Stop kekerasan dalam mendidik anak sehingga menjadikan rumah ramah anak,” jelas Seto, Selasa (11/12).

Lebih lanjut, Seto mengatakan saat di rumah pendidikan anak menjadi tanggungjawab orang tua sepenuhnya. Termasuk untuk menekan ketergantungan dalam penggunaan gadget sehari-hari perlu disiati dengan berbagai upaya. Namun diperlukan komitmen bersama antara orang tua dan anak untuk merealisasikannya.

“Misalnya dalam keluarga disetujui untuk mematikan TV dengan durasi waktu yang telah disepakati. Berarti orang tua harus mendongeng dengan penuh gembira kepada anaknya. Mengajaknya bermain egrang hingga gobak sodor yang pastinya kebersamaan itu pasti akan dirindukan sang anak,” jelasnya.

Sementara itu, pendiri caring mom community (CMC) Klaten, Apriliani mengatakan pihaknya meminta Kak Seto untuk memberikan penetrasi kepada orang tua agar bisa berkomitmen jika ana harus diberikan kegiatan positif. Terlebih lagi selama ini memiliki dampak mulai dari anti sosial hingga secara motorik tidak berkembang karena banyak diam.

“Dolanan anak sebagai salah satu hal yang kami tawarkan. Ayo kita memasukan dolanan anak ke rumah karena sifatnya yang dimainkan secara bersama dan bukan sendiri. Ini perlu komitmen orang tua untuk mengajak anak untuk bermain dalam keseharian,” pungkasnya.(ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia