Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Senin Pekan Depan Uji Coba Overpass Manahan

14 Desember 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Uji coba untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan kelayakan overpass Manahan akan dilakukan Senin besok.

Uji coba untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan kelayakan overpass Manahan akan dilakukan Senin besok. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Janji pemerintah untuk menyelesaikan overpass Manahan pada bulan ini bakal terealisasi. Jalan layang tersebut bakal dibuka dan diujicoba selama tiga hari mulai Senin (17/12).

Untuk mempersiapkan uji coba tersebut, pemkot mengerahkan beberapa armada bak terbuka untuk membersihkan puing yang masih berserakan. Beberapa petugas dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) pun turun tangan menyelesaikan beberapa ornamen pelengkap. Pemkot juga akan menyelesaikan pengaspalan jalan di sekitar overpass.

“Tadi (kemarin) saya suruh untuk membersihkan. Besok (hari ini) mau diaspal, tanggal 15 nanti kanan kiri kita cek aspalnya. Senin bisa diujicoba,” kata Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Kamis (13/12).

Uji coba, lanjut Rudy,  dilakukan untuk mengetahui kelayakan overpass sekaligus melakukan simulasi rekayasa lalu lintas. Dalam uji coba tersebut dikerahkan berbagai macam kendaraan untuk melintas dari seluruh lajur. Antara lain bus ukuran besar, bus sedang dan kecil, bus abiyoso, mobil dan sepeda motor.

“Dishub akan saya ajak rapat dulu untuk besok Senin. Tanggal 17 itu baru uji coba, belum dibuka untuk umum,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta Hari Prihatno mengatakan, uji coba tersebut sangat penting. Pasalnya dari tiga hari tersebut akan diketahui kesiapan overpass saat dilalui kendaraan. Selain itu dishub juga ingin memastikan penggunaan jalur agar tidak terjadi kesemrawutan lalu lintas khususnya di jalur merging.

“Target kita selama dua atau tiga hari itu sudah jelas. Mengetahui bagaimana nanti operasional overpass ke depan serta menjadi dasar menentukan bagaimana lalu lintas di sana. Jangan sampai sebelum dan setelah ada overpass macetnya sama,” kata Hari.

Pembangunan overpass Manahan sendiri dengan dana Rp 43 miliar dari pemerintah pusat. Proyek tersebut direncanakan rampung pada Oktober lalu, namun harus mundur karena beberapa hal. Selain pemerintah pusat, pemkot juga memiliki kewajiban untuk membuat ornamen dan finishing. Pemkot menggelontorkan dana dari APBD 2018 sebesar Rp 2,5 miliar. Angka tersebut digunakan untuk pembuatan mural dan ornamen. (irw/bun)

(rs/irw/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia