Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Bupati Seno Ingin Datangkan Gajah dan Macan ke Kebun Raya Indrokilo

14 Desember 2018, 11: 30: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Bupati Seno Samodro menanam bibit pohon langka di Kebun Raya Indrokilo, Kamis (13/12).

Bupati Seno Samodro menanam bibit pohon langka di Kebun Raya Indrokilo, Kamis (13/12). (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI - Magnet Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) bakal bertambah lagi dalam waktu dekat. Setelah Bupati Boyolali, Seno Samodro berniat mendatangkan gajah dan harimau di KRIB. Atas usulan dari masyarakat.

Rancana ini dilontarkan Seno di sela kegiatan penanaman pohon langka di KRIB, Kamis (13/12).

”Malah banyak usulan untuk diberi gajah sama macan. Ya sudah nanti kami akan berusaha mendatangkannya,” kata Seno kepada Jawa Pos Radar Solo.

Menurut Seno gajah dan harimau sudah lebih dari cukup mewakili simbol hutan. Sehingga tiadak ada binatang jenis lain yang akan didatangkan di KRIB.

”Terpenting poin-poinnya terpenuhi. Dan saya pikir usulan gajah dan macan itu ide yang bagus,” ujar Seno.

Merealisasikan rencana ini, Seno terlebih dahulu bakal mendatangkan tim konsultan. Agar penempatannya sesuai dengan iklim dan ekosistem gajah serta harimau tersebut. Mengingat pembangunan KRIB dilakukan bersama Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Seno menyatakan, KRIB memiliki koleksi tanaman langka sebanyak 1.600-an batang pohon. Ini dinilai sebagai sebuah karya fenomenal.

”KRIB bakal menjadi tinggalan anak cucu di masa mendatang. Saya yakin pelajar di pulau Jawa akan berkunjung ke sini (KRIB) untuk studi banding,” paparnya.

Penanaman pohon langka juga bertujuan untuk pelestarian ekosistem. Sehingga masyarakat bisa mengetahui jenis-jenis tanaman yang tidak bisa ditemui di sembarang tempat. Karena tujuan utama pembangunan KRIB ini sebagai wahan pelestarian tumbuhan, penyedia ruang terbuka hijau, wisata, dan sarana edukasi.

Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto menyatakan legislatif sangat mendukung pembangunan KRIB. Bahkan dalam rangka memperingati HUT DPRD Boyolali ke-68, pihaknya ikut menanam pohon langka, kemarin.

”Kami juga memberikan dukungan anggaran untuk mewujudkan kebun raya ini,” imbuhnya.

Sebagai catatan, tanaman langka yang ditanam antara lain, nyamplung, pule, lerak, dan sejumlah bibit pohon langka lainnya. Selain bupati dan Ketua DPRD, kegiatan ini juga dihadiri Wabup M. Said Hidayat dan seluruh anggota legislatif.

Termasuk Dandim 0724/Boyolali, Letkol Herman Taryawan beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pramuka, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok pecinta lingkungan, serta sejumlah undangan lainnya.

(rs/wid/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia