Senin, 21 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Jateng

Dua Siswa MIM Taskombang Klaten Tergulung Ombak di Cilacap, Satu Tewas

17 Desember 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Suasana rumah duka Putra Hikmah Pangestu di Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Minggu (16/12).

Suasana rumah duka Putra Hikmah Pangestu di Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Minggu (16/12). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KECERIAAN rombongan siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Taskombang, Manisrenggo, Klaten, Sabtu (15/12) siang berubah mencekam. Dua siswa tergulung ombak di Pantai Logending, Cilacap, Jawa Tengah. Arya, 11, berhasil diselamatkan. Sementara Putra Hikmah Pangestu, 12, ditemukan Minggu (16/12) pagi dalam kondisi meninggal.

Suasana duka tampak terlihat di rumah orang tua Putra Hikmah Pangestu di Desa Taskombang, Manisrenggo, Klaten kemarin siang. Di antara pelayat ada Raharjo, 48, ayah Arya yang sedang melayat teman anaknya. Raut wajah sedih begitu terlihat meski anaknya terselamatkan berkat pertolongan Putra. Tapi sayang, sahabat anaknya justru tergulung ombak hingga ke tengah laut.

“Itu memang kegiatan tamasya dari sekolah ke sejumlah objek wisata. Saya sempat mengantarkan Arya Sabtu pagi. Tiba-tiba sore pukul 15.00 WIB dikabari jika anak saya tergulung ombak, tapi berhasil diselamatkan,” jelas Raharjo kepada Jawa Pos Raadr Solo saat ditemui di rumah duka Putra, Minggu (16/12).

Raharjo mengatakan, anaknya yang sempat mendapatkan pertolongan pertama di Cilacap langsung menjalani opname di RSI Cupuwatu, Kalasan, Sleman. Dirinya menuturkan saat melihat anaknya dalam keadaan lemas. Terlebih pada bagian leher kiri dikeluhkan sakit karena terbentur perahu. Saat diajak komunikasi belum begitu lancar. Mungkin dia masih syok jika teman yang menyelamatkannya malah jadi korban.

“Putra sempat menyelamatkan Arya. Informasi ini saya dapatkan dari pihak SAR dan sopir ambulans yang mengantarkan jenazah Putra,” ujar warga Dusun Jarakan, Desa Kokosan, Kecamatan Prambanan ini.

Raharjo mengatakan, jika selama ini Arya dan Putra memang teman sepermainan, baik di sekolah maupun di rumah. Keakraban itu terlihat saat mereka sering berjalan berdua dengan membicarakan berbagai hal. Hingga akhirnya mereka terpisahkan dengan peristiwa tergulungnya ombak Pantai Logending.

Sementara itu, Kepala Sekolah MIM Taskombang, Wakhid mengungkapkan, dirinya sempat melihat secara langsung kedua anak didiknya itu tergulung ombak. Bahkan dia sempat berteriak meminta tolong, tetapi hanya satu orang yang bisa terselematkan.

“Pantai Logending ini objek wisata yang kami kunjungi setelah Goa Jatijajar. Tiba di sana sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu kondisi pantai sedang surut dan anak-anak banyak bermain di pinggir pantai. Saat pukul 15.00 WIB ketika hendak pulang ada sembilan anak masih bermain di pantai hingga akhirnya kejadian itu,” jelas Wakhid saat ditemui di rumah duka Putra.

Wakhid menuturkan jika pihaknya sempat meminta tolong SAR untuk menyelamatkan kedua siswanya. Namun hanya Arya yang berhasil diselamatkan karena tangannya masih tampak di permukaan laut. Sedangkan Putra dinyatakan hilang hingga akhirnya ditemukan warga yang sedang memancing tidak jauh dari lokasi kejadian Minggu pagi.

“Ini memang program wisata setiap dua tahun sekali. Setelah kejadian ini kami stop saja. Kami trauma jika terulang kembali,” jelasnya.

Kepala Desa Taskombang, Aris Sumarno mengatakan, jika Putra merupakan anak kedua dari dua bersaudara pasangan, Muhadi dan Rajikem. Menerima informasi warganya menjadi korban pihaknya langsung mengirimkan relawan beserta SAR Klaten menuju lokasi kejadian pada Sabtu (15/12) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

“Tim tiba pada Minggu (16/12) pukul 03.00 WIB, tetapi saat itu status Putra belum ditemukan. Baru pada pagi harinya setelah ditemukan langsung di bawa ke Taskombang ini sekitar pukul 07.30 WIB sebelum akhirnya tiba pada pukul 11.00 WIB,” jelasnya. Jenazah Putra sendiri dimakamkan di TPU Taskombang Kidul pada pukul 15.00 WIB. (ren/bun)

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia