Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Proyek Gedung Diskominfo Dikebut

18 Desember 2018, 12: 00: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Pembangunan Gedung Diskominfo Klaten di Kompleks Pemkab Klaten, Senin (17/12).

Pembangunan Gedung Diskominfo Klaten di Kompleks Pemkab Klaten, Senin (17/12). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KOTA - Pelaksanaan pembangunan gedung di Klaten tahun ini sebagaian besar telah rampung. Tetapi ada beberapa yang mengalami keterlambatan. Sehingga masih dalam proses pengerjaan. Salah satunya Gedung Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten yang berada di Kompleks Pemkab Klaten.

”Kami yakini untuk pembangunan pengerjaan gedungnya bisa selesai Desember ini. Memang ada ada yang terlambat seperi Gedung Diskominfo yang baru ini. Soalnya ada beberapa perubahan konstruksi yang bertujuan untuk efisiensi dan demi kekuatan teknis,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Klaten, Juwito kepada Jawa Pos Radar Solo, Senin (17/12).

Kontrak pembangunan struktur gedung Diskominfo Klaten akan berakhir 21 Desember mendatang. Maka pencairan anggaran untuk pengerjaan gedung itu telah melebihi batas akhir 15 Desember 2018. Dirinya memastikan pencairan yang terlambat hanya pada kasus tertentu saja.

”Untuk kelambatan ini dikarenakan ada perubahan struktur yakni desain kolom dan penambahan kanopi dengan mengurangi ukuran kolom dan jumlah tulangan untuk pembuatan kanopi. Tetapi nilai kontraknya tidak ada perubahan. Tentunya ini menjadi keadaan khusus yang tidak dikendalikan sehingga perlu izin bupati agar bisa dicairkan setelah 15 Desember,” bebernya.

Mengejar target waktu pengerjaan, rekanan diharapkan dapat menambah tenaga, alat, pekerjaan dilembur hingga mengganti metode pelaksanaan. Juwito yakin pekerjaan Gedung Diskominfo dapat diselesaikan pada tahun ini. Hanya saja pembangunan gedung tahun ini belum seluruhnya dapat diselesaikan karena hanya sampai pemasangan atap saja.

Pengerjaan gedung Diskominfo tahap kedua di lokasi bekas ruang Humas Setda Klaten akan dianggarkan sebesar Rp 5 miliar. Nantinya pembangunan gedung Diskominfo akan selesai pada 2019. Sedangkan bangunan bekas kantor Dispendukcapil yang sekarang ditempati Bagian Humas akan dibongkar untuk lahan parkir.

”Untuk gedung Arsip, Dishub dan Pemda II dan kantor kecamatan sudah finishing. Yang sudah selesai antara lain gedung KPU, Kecamatan Polanharjo, rumah dinas kejaksaan, kelurahan buntalan dan lift pemda yang tinggal pengerjaan kecil-kecil saja,” imbuhnya.

Sementara itu, pada 2019, Pemkab Klaten akan masih mengalokasikan puluhan miliar untuk melanjutkan pembangunan fisik. Paling besar pembangunan gedung pertemuan di Buntalan yang dianggarkan mencapai Rp 18,4 miliar. Kemudian gedung Inspektorat juga akan dirobohkan dan dibangun baru dengan anggaran Rp 7 miliar. Kantor Kecamatan Kemalang juga akan dibangun dengan anggaran antara Rp 4-5 miliar.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Klaten Purwanto Anggono Cipto mengatakan, pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan fisik hingga akhir tahun ini.

”Jangan sampai ada kegiatan yang bermasalah. Jika pengerjaannya melebihi kontrak, harus ada payung hukumnya. Termasuk penerapan denda sesuai aturan yang ada,” ucapnya.

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia