Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Ubah Timbunan Tanah Menjadi Indah

19 Desember 2018, 12: 30: 55 WIB | editor : Perdana

SEGERA DIGARAP: Lokasi timbunan tanah sisa pengerukan sedimentasi Waduk Ketro yang bakal jadi objek wisata. 

SEGERA DIGARAP: Lokasi timbunan tanah sisa pengerukan sedimentasi Waduk Ketro yang bakal jadi objek wisata.  (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Timbunan tanah sisa pengerukan sedimentasi di sekitar Waduk Ketro, Desa Ketro, Kecamatan Tanon bakal dijadikan objek wisata kreatif. Luasnya pun representatif. Sekitar 1,5 hektare.

”Atas nama pemerintah desa, kita menindaklanjuti setelah ada pembicaraan dengan Balai Besar. Jadi untuk selanjutnya (timbunan tanah sisa pengerukan sedimentasi, Red) kita ambil alih. Lokasi ini akan menjadi tempat wisata. Kita harapkan terealisasi 2019,” urai Kepala Desa (Kades) Ketro Wiratno Selasa (18/12).

Selama ini, di tempat tersebut sudah dilakukan penghijauan Pemerintah Kecamatan Tanon. Selanjutnya, dalam waktu dekat juga ditanami benih bunga matahari, serta tanaman buah-buahan.

Lokasi tersebut akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pemuda desa. Karangtaruna dilibatkan lantaran punya kreativitas tinggi. ”Kita berharap Desa Ketro bisa seperti di Kemuning atau Tawangmangu. Terdapat wisata untuk semua kalangan,” ujar dia.

Dari mana sumber anggarannya? Wiratno mengatakan sudah ada sponsor yang melihat ke lokasi. Selain itu, pihak desa menyiapkan anggaran Rp 100 juta melalui dana desa (DD). Dia berharap, lokasi wisata itu menambah pendapatan asli desa dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Bukan hanya menjual lokasi yang nyaman, tempat wisata kreatif itu bakal menyediakan taman baca guna meningkatkan budaya literasi di masyarakat.

Sebelumnya, pelaksana lapangan pengerukan Waduk Ketro dari PT Sumber Karsa Indah Utama Sukoharjo Winoto menjelaskan, pengerukan sedimentasi dilakukan hingga sebanyak 100.000 meter kubik dengan anggaran Rp 21 miliar dan ditarget rampung Juli 2019. (din/wa)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia