Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Sebar CCTV di Sudut Jembatan

19 Desember 2018, 16: 23: 08 WIB | editor : Perdana

TEGAKKAN PERDA: Sejumlah jembatan di Kota Solo akan dipasang CCTV untuk merekam pelaku pembuangan sampah.

TEGAKKAN PERDA: Sejumlah jembatan di Kota Solo akan dipasang CCTV untuk merekam pelaku pembuangan sampah. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kebiasaan warga membuang sampah di sungai dipersempit. Di antaranya dengan menyebar kamera closed circuit television (CCTV) di sejumlah sungai untuk mengetahui wajah pelaku.

Hal tersebut juga sebagai upaya menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3/2010tentang Pengelolaan Sampah. “Petugas Linmas dan Satpol PP tetap berjaga di lokasi. Hanya kita tambah CCTV sebagai penguat. Itu juga bisa menjadi bukti,” tandas Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo kemarin (18/12). 

Sekretaris Satpol PP Surakarta Arif Darmawan mengatakan, CCTV akan disebar di sejumlah jembatan. Alat tersebut dipastikan menjadi solusi terbatasnya jumlah petugas untuk melakukan pengawasan. Rencananya, anggaran pemasangan CCTV diajukan pemkot dalam APBD 2019. 

Diungkapkan Arif, butuh usaha ekstrakeras mengubah perilaku warga agar tidak membuang sampah ke sungai. Sejak petugas Linmas ditarik dari pengawasan jembatan dan sungai, aksi buang sampah ke sungai kembali marak. 

"Kita terpaksa menarik petugas Linmas untuk dipindahtugaskan dalam penegakkan perda lain. Seperti menjaga kawasan bebas pedagang kaki lima, pengawasan tempat kos, dan lainnya,” jelasnya.

Meski personel terbatas, Satpol PP tetap menerjunkan sekitar 18 petugas untuk patroli menggunakan sepeda angin dari kampung ke kampung. “Sekarang kami memang tidak secara khusus mengawasi buang sampah ke sungai. Berbeda kalau dulu memang ada petugas yang kita tempatkan untuk jaga di jembatan,” terangnya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia