Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Murid TK Darussalam Diajak Memerah Susu

19 Desember 2018, 16: 39: 11 WIB | editor : Perdana

BANYAK ILMU: Murid TK Darussalam outing class di Semarang akhir pekan lalu.

BANYAK ILMU: Murid TK Darussalam outing class di Semarang akhir pekan lalu. (DOKUMEN PRIBADI/RADAR SOLO)

Share this      

SEMARANG – Dalam rangka mengisi liburan jeda semester, TK Darussalam Serengan menggandeng P&P Tour and Transportasi mengadakan outing class, Sabtu (15/12). Dua tempat wisata di Semarang dipilih menjadi destinasi tujuan pembelajaran di luar kelas ini. Yakni Cimory on the Valley dan Taman Bunga Celosila.

Kepala TK Darussalam Serengan Sri Suyatmi mengatakan, kegiatan outing class ini bertujuan memberikan pembelajaran pada siswa di alam terbuka.

“Di sana para siswa belajar di alam langsung. Dengan menggunakan alat peraga yang bermacam-macam. Mereka mengenal berbagai jenis bunga. Mulai dari bentuk, warna, sampai cara perawatannya. Itu sekaligus mengajarkan ke mereka cara mensyukuri nikmat Allah,” beber Sri kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Destinasi pertama menuju Taman Bunga Celosila. Sri bersama para guru lainnya mengajak para murid belajar tentang beragam jenis tanaman dan bunga. Tak hanya itu, para siswa juga mengenal berbagai peralatan yang digunakan untuk merawat tanaman dan bunga. Sehingga mereka bisa mengaplikasikannya di rumah masing-masing.

“Puas belajar dan bermain di taman bunga, tujuan selanjutnya adalah Cimory on the Valley. Setelah belajar tentang tanaman dan bunga, para siswa berganti mempelajari berbagai hewan. Selain sapi, ada ikan, kelinci, burung kalkun, dan lain sebagainya,” sambung Sri.

Menariknya, para murid diajari cara memerah susu dan pengolahannya. Mereka dibantu oleh arahan para guru untuk memerah susu langsung dari sapinya.

“Ini bagian yang paling seru karena tidak ada pemandu yang mengajari dari pihak Cimory. Sehingga ibu guru punya tugas tambahan untuk menjelaskan ke anak-anak,” imbuh Sri.

Sri mengaku kegiatan outing class penting dilakukan untuk menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri. Banyak kemungkinan otak siswa mengalami kejenuhan selama belajar di ruang kelas terus menerus.

“Makanya perlu diadakan refreshing dengan cara outing class seperti ini. Semoga lulusan TK Darussalam Serengan menjadi anak yang berkepribadian muslim yang cerdas dan berguna bagi diri sendiri dan sesama,” pungkasnya. (aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia