Sabtu, 07 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

BTN Apresiasi 18 Pedagang Tertib Retribusi

19 Desember 2018, 17: 44: 24 WIB | editor : Perdana

BERUNTUNG: Pemenang undian pedagang tertib retribusi dari BTN di Benteng Vastenburg, Selasa (18/12).

BERUNTUNG: Pemenang undian pedagang tertib retribusi dari BTN di Benteng Vastenburg, Selasa (18/12). (NOVITA RAHMAWATI/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan apresiasi kepada pedagang yang tertib membayar retribusi. Sebanyak 18 pedagang menerima penghargaan ini di Benteng Vastenburg, Selasa (18/12). Pada kesempatan ini, BTN juga memberikan 300 batang pohon kepada Pemkot Surakarta. Dalam bentuk coorporate social responsibility (CSR).

Deputi Regional Manager Bisnis Kanwil 6 BTN Jawa Tengah dan DIY, Chrisdy B. Epsa menjelaskan, apresiasi ini merupakan kerja sama antara Pemkot Surakarta dan BTN. Belasan pedagang ini berasal dari Pasar Klewer, Pasar Gede, dan Pasar Gilingan. ”Kriterianya mereka yang tertib secara jumlah pembayaran, waktu, dan tidak menunggak,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo.

BTN menangani pembayaran retribusi lebih dari 2 ribu pedagang. Paling banyak pedagang Pasar Klewer, yakni 1.600 orang. BTN juga menaungi Pasar Gilingan dan Pasar Gede. Masing-masing 300 pedagang.

”Pembayaran retribusi di pasar tradisional ini sebagai pilot project. Selama ini BTN selalu bergerak di bidang perumahan. Maka dari itu kami membidik pasar baru,” paparnya.

Hadiah yang diberikan yakni sepeda motor, TV LED, lemari es, sepeda gunung, kompor gas, kipas angin, dan mini dispenser. Pengundian dilakukan dua kali setahun. ”Selain mendidik tertib membayar retribusi, sistem ini mengajarkan pedagang rajin menabung,” beber Chrisdy.

Sementaar itu, BTN juga memberikan bantuan bibit pohon kepada Pemkot Surakarta. Yakni bibit sawo, sirsak, hingga srikaya. ”Lewat penghijauan ini, kami ingin Kota Solo rindang,” ucapnya.

Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo mengapresiasi langkah BTN. ”Kami harapkan apresiasi ini memacu pedagang semakin taat dalam membayar retribusi,” ucapnya. (vit/fer)

(rs/vit/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia