Selasa, 19 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Januari, Lelang Pasar Klewer Timur

19 Desember 2018, 18: 06: 07 WIB | editor : Perdana

DINANTIKAN: Pasar Klewer sisi timur akan dibangun dengan anggaran Rp 58 miliar

DINANTIKAN: Pasar Klewer sisi timur akan dibangun dengan anggaran Rp 58 miliar (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot dapat sedikit bernapas lega. Jelang tutup tahun, pembangunan Pasar Klewer Timur menemui kejelasan.  Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Subagyo mengaku telah menjalin komunikasi dengan pihak Kementerian Perdagangan, pekan lalu.

Hasilnya, pasar yang dibongkar dua tahun silam itu akan masuk lelang pembangunan pada Januari 2019. Lelang ditangani langsung oleh Kementerian Perdagangan. 

"Alhamdulillah, kami sudah mendapat kepastian soal pembangunan Pasar Klewer timur. Anggaran pembangunan Rp 58 miliar, dibuat sesuai dengan desain awal," ungkapnya, Selasa (18/12). 

Angin segar tersebut menghapus kekhawatiran pemkot bahwa Pasar Klewer sisi timur bakal lebih lama mangkrak. Sebelumnya, pemkot berencana mengubah desain pasar dari dua lantai dengan hall di atasnya, menjadi dua lantai dengan desain kios seluruhnya. Bahkan pemkot juga telah menyiapkan dana cadangan Rp 30 miliar dari APBD.

"Sekarang semua dibiayai pusat. Menurut rencana, lelang dilakukan sekitar tiga bulan. Kira-kira Maret sudah bisa mulai pembangunan," terangnya.

Proses pembangunan Pasar Klewer sisi timur diperkirakan butuh waktu sekitar tujuh bulan. Paling lambat November 2019 pasar siap ditempati. "Nanti saat pedagang sudah pindah, pas sewa Alun-Alun Utara Keraton Solo habis masa sewanya," ungkap dia.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menambahkan, komunikasi dengan pemerintah pusat terus dilakukan untuk mendapatkan kepastian anggaran pembangunan. Setelah Pasar Klewer sisi timur, pemkot akan mengusahakan mendapatkan anggaran pembangunan Pasar Legi. "Semua kita kerahkan. Anggaran APBD, pusat maupun provinsi. Apalagi ini pasar induk terbesar di Solo dan sekitarnya," ucapnya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia