Rabu, 13 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Gereja Tertua Konsisten Lestarikan Budaya Jawa

20 Desember 2018, 14: 49: 55 WIB | editor : Perdana

MENARIK: Salah satu jamaat GKJ Sragen tengah mempromosikan pakaian adat Jawa di fashion show di gereja tersebut.

MENARIK: Salah satu jamaat GKJ Sragen tengah mempromosikan pakaian adat Jawa di fashion show di gereja tersebut. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Seni dan kebudayaan Jawa selayaknya patut dijaga dan dilestarikan oleh semua elemen. Termasuk para jemaat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sragen yang konsisten melestarikan adat Jawa. Salah satu pengembangan itu adalah menggelar fashion show dengan baju adat jawa Selasa (18/12) malam.

Aksi keluwesan para jemaat berjalan bak pragawati di GKJ Sragen layak mendapat apresiasi. Pasalnya meski sebagian peserta bukan peragawati profesional, namun tampak serasi dalam pakaian adat jawa yang anggun.

Sekretaris Panitia ulang tahun GKJ Sragen ke 90, Basuki Budiatmoro menyampaikan event ini berupa lomba adiyuswo, atau lomba keluwesan berpasangan. Pihaknya menjelaskan lomba ini seperti fashion show di catwalk. 

”Kami ingin mengembalikan keanggunan memakai busana Jawa, jadi pakaiannya menggunakan jarik yang diwiru, sanggulan yang benar, kutubaru dan sebagainya,” terang Basuki.

Dia menjelaskan ini upaya untuk menghargai dan menjunjung kebudayaan yang ada di Jawa Tengah. Kegiatan ini selalu dipakai untuk event-event besar, seperti ulang tahun GKJ, maupun perayaan lain seperti Natal dan sebagainya.

Gereja yang tertua di Sragen ini juga mendorong anak muda untuk melestarikan budaya Jawa. ”Untuk anak-anak muda berlatih geguritan dan mocopat, jadi memang sulit, tapi kita latih itu, jadi ada dandang gulo, sinom, pangkur, kita ajarkan,” terangnya.  

Pihaknya menyampaikan memiliki karawitan GKJ Sragen yang rutin berlatih. Dalam kegiatan gereja juga diiringi musik karawitan. Selain itu karawitan GKJ Sragen siap mengiringi kegiatan lain diluar kegiatan gereja. (din/nik)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia