Selasa, 22 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Olahraga

SKO Disabilitas Diresmikan di Solo

21 Desember 2018, 21: 30: 59 WIB | editor : Perdana

MERIAH: Suasana saat peluncuran SKO untuk atlet disabilitas di Yayasan Insan Sembada, Karangasem.

MERIAH: Suasana saat peluncuran SKO untuk atlet disabilitas di Yayasan Insan Sembada, Karangasem. (NIKKO AUGLANDY/RADAR SOLO)

INDONESIA resmi memiliki sekolah khusus olahraga (SKO) untuk atlet penyandang disabilitas, yang akan terletak di Kota Solo. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara langsung meresmikannya di Yayasan Insan Sembada, Karangasem, Solo, Kamis (20/12) siang. SKO disabilitas ini menjadi yang pertama di Indonesia dan berada di bawah pengelolaan NPC Indonesia.

Gedung SKO Yayasan Insan Sembada bakal difungsikan sebagai asrama bagi para siswa atau atlet yang terdiri dari SMP dan SMA. Sementara untuk kegiatan pelajaran umum, siswa-siswi akan menempuhnya di sekolah formal seperti SMAN 8 yang inklusif yang ramah disabilitas, SMKN 9, SMPN 23, SMPN 22, SMPN 20, hingga SMA dan SMP Luar Biasa.

Hanya ada empat cabang olahraga (cabor) yang berada di SKO atlet difabel yakni atletik, renang, tenis meja, dan bulu tangkis. ”Untuk saat ini SKO memang baru kita sebar di beberapa sekolah, kedepannya tentu kita siap untuk membangun sekolah khusus untuk menampung atlet. Bisa dibilang ini jadi langkah pembuka. SKO menjadi kawah candradimuka menampung atlet-atlet masa depan Indonesia," terang Imam Nahrawi dalam pidatonya di peresmian SKO disabilitas.

Adanya sekolah khusus olahraga yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas direspon positif oleh NPC Indonesia. Sebagai federasi untuk olahraga difabel, sangat terbantukan dengan adanya sekolah khusus sebagai yang menjadi bank atlet masa depan.

"Lewat SKO jelas sangat memudahkan NPC untuk mengembangkan atlet masa depannya. Selain itu alangkah baiknya juga mengembangkan PPLP Disabilitas di berbagai provinsi," imbuh Sekjen NPC Indonesia, Pribadi. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia