Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sepak Bola

2019 GOR Manahan Mulai Digarap

23 Desember 2018, 12: 00: 59 WIB | editor : Perdana

CEK LOKASI: Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat memantap proyek revitalisasi Stadion Manahan.

CEK LOKASI: Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat memantap proyek revitalisasi Stadion Manahan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Stadion Manahan saat ini dalam tahap pembongkaran.  Emat pilar lampu sorot sudah dirobohkn,  atap tribun VIP juga sudah dicopot.  Tak hanya iytu saja,  beberapa single seat, rumput lapangan hingga sentel ban atletik juga sudah diangkut,  dan akan dipasang dengan yang baru kedepannya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri mengungkapkan pembangunan stadion akan selesai akhir 2019 nanti. Untuk bentuk akan sama seperti Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta,  hanya ukuran yang beda.  Manahan ukurannya lebih mini karena hanya bisa menampung 23 ribu penonton nantinya.

”Kalau sudah jadi tentu akan sangat mewah sekali. Mengundang tim Premier League (Liga Inggris) seperti Chelsea atau MU (Manchester United) main di Manahan juga sangat layak dan pantas main di Manahan,” candanya.

 Stadion Manahan sendiri direvitalisasi dengan anggaran 314,07 miliar, dari dari dana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara itu di 2019, pembangunan GOR Manahan juga akan dimulai. Saat ini bangunan lama juga sudah rata dengan tanah.

Rencananya GOR Manahan denganbentuk baru akan menggunakan dana anggaran Kemenpora. ”Untuk GOR indoor Manahan akan dimulai pembangunnya 2019 mendatang, tarafnya juga internasional.  GOR baru nantinya bisa digunakan untuk enam cabang olahraga, dan yang pasti bentuknya akan sangat modern,” tuturnya. 

Joni sendiri menghakui revitalisasi Stadion Manahan dan pembangunan ulang GOR Manahan, tujuan utamanya tentu ingin membuat kawasan manahan jadi pusat pemusatan olahraga di Kota Solo. Harapannya banyak kejuaraan olahraga bertaraf nasional maupun internasional yang bisa digelar di Solo. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia