Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Upacara Adat Mahesa Lawung, Cegah Bodo Lunga-longo Koyo Kebo

08 Januari 2019, 13: 13: 51 WIB | editor : Perdana

TAHUNAN: Prosesi upacara adat Mahesa Lawung di Keraton Kasunanan Surakarta kemarin (7/1). 

TAHUNAN: Prosesi upacara adat Mahesa Lawung di Keraton Kasunanan Surakarta kemarin (7/1).  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Setiap tahun, Keraton Kasunanan Surakarta rutin menggelar upacara adat Mahesa Lawung. Begitu juga kemarin. Kegiatan tersebut diklaim sebagai upaya tolak bala.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo, ratusan abdi, sentana dalem, dan ulama Keraton Kasunanan duduk berjajar di Sitinggil untuk berdoa bersama. Selanjutnya, rombongan membawa kepala kerbau dan uborampe lainnya menuju hutan Krendowahono yang jaraknya sekitar 15 kilometer dari Keraton Surakarta. 

Salah seorang kerabat keraton KPH Satriyo Hadinagoro, upacara adat tersebut untuk membuang kebodohan atau sifat buruk yang ada pada diri manusia, sekaligus tolak bala.

"Kata orang Jawa, bodo lunga-longo koyo kebo (bodoh seperti kerbau). Kerbau digambarkan sebagai hewan yang bodoh. Bodo lunga-longo itu kan kepalanya. Dengan memendam kepala kerbau, artinya itu supaya kita tidak bodoh dan bisa lebih baik untuk ke depannya,” jelas dia. 

Ditambahkan Satriyo, keraton harus menganut paugeran (aturan). Karena keraton sudah tidak lagi merupakan suatu negari (negara) yang punya teritorial, maka tugasnya menguri-uri peninggalan para leluhur.

Dipilihnya hutan Krendowahono untuk mengubur kepala kerbau, lanjut Satriyo, karena Keraton Kasunanan berada di tengah empat unsur (pancer). Di mana sebelah utara hutan Krendowahono, sebelah timur Gunung Lawu, sebelah selatan Laut Selatan, dan sebelah barat Gunung Merapi. 

Kerabat Keraton Kasunanan lainnya, KP Eddy Wirabhumi menerangkan, Mahesa Lawung termasuk ritual adat berskala cukup besar, namun tidak masuk dalam delapan agenda besar adat keraton. “Makanya Sinuhun (raja) tidak hadir dalam upacara ini. Tapi, cukup ditugaskan kepada penanggungjawabnya," terangnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia