Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Dalam Satu Tahun, Tangani 57 Kasus Narkoba

09 Januari 2019, 17: 32: 12 WIB | editor : Perdana

Dalam Satu Tahun, Tangani 57 Kasus Narkoba

KLATEN – Peredaran narkotika di Kabupaten Klaten dalam kurun waktu satu tahun terakhir cukup besar. Sepanjang 2018, jajaran Satnorkoba Polres Klaten telah membongkar sebanyak 57 kasus narkotika. Dari puluhan kasus itu, 63 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Baik pengguna maupun pengedar.

”Dari kasus narkotika yang kami tangani ini, kemungkinan berkaitang dengan Lapas Nusakambangan sangat kecil. Karena peredaran narkoba segitiga emasnya bukan di Klaten. Tetapi Jogja, Solo, dan Semarang,” kata Kapolres Klaten, AKBP Aries Andhi kepada Jawa Pos Radar Solo, Senin (7/1).

Dari total perkara tersebut, Satnarkoba Polres Klaten telah mengamankan barang bukti dari tangan para tersangka. Berupa sabu seberat 25 gram, psikotoptik sebanyak 78 butin dan obat keras atau pil koplo terdapat 12.926 butir. Keberadaan barang bukti itu menjadi perhatian Polres Klaten tahun untuk lebih menekannya agar tidak beredar ke masyarakat.

”Tentunya kejahatan narkoba ini menjadi fokus kami, akan mendapatkan prioritas dari kami. Karena ini dapat merusak generasi muda kita, berbaha bagi bangsa,” terangnya.

Kasatnarkoba Polres Klaten, AKP Munawar mengungkapkan, tersangka yang tertangkap rata-rata pemain lama dan baru. Dalam menjalankan transaksi narkoba dengan jaringan terputus. Sehingga tidak diketahui asal muasal barang haram itu dapat diperoleh.

”Terdapat 41 kasus sudah kita serahkan ke Kejaksanaan dan dinyatakan P21 sehingga memenuhi syarat untuk dibawa ke pengadilan. Sedangkan 8 kasus masih kita tangani. Ini jaringan terputus, jadi modusnya sistem online, diletakan suatu alamat kemudian diambil sehingga susah dilacak,” urainya.

Munawar membandingkan pada 2017. Pengungkapkan kasus narkoba mengalami kenaikan 15 persen. Berkat giat rutin operasi yang dilakukan kepolisian. Di sisi lain, peran aktif masyarakat yang memberikan informasi terkait kegiatan mencurigakan di sekitarnya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia