Rabu, 20 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Dipicu Saling Ejek, Rutan Kelas IA Solo Digerudug Massa

10 Januari 2019, 17: 24: 20 WIB | editor : Perdana

Dipicu Saling Ejek, Rutan Kelas IA Solo Digerudug Massa

SOLO - Video kerusuhan masa yang terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Solo beredar luas di media sosial.

Dalam video tersebut tampak terlihat sejumlah orang berbaju masyarakat umum yang melempar benda keras seperti paving blok maupun batu ke arah warga binaan di dalam lapas. Ada pula yang membawa meja untuk menangkis lemparan batu. Dua kelompok yang bertikai tersebut terlihat hanya dipisahkan pagar besi setinggi 2 meter yang memungkinkan terjadi lemparan.

Beberapa pot bunga terlihat pecah berantakan. Petugas lapas yang mencoba melerai tak bisa berbuat banyak karena dua kubu saling membalas lemparan. Sementara petugas kepolisian juga berusaha menenangkan dua kelompok yang bertikai.

Sementara di luar lapas ada puluhan masa yang berada di depan pintu masuk. Mereka dijaga aparat kepolisian Polresta Solo. Sejumlah napi dievakuasi keluar lapas menggunakan kendaraan lapis baja kepolisian. Masa yang sudah berada di luar pintu lapas mencoba menggedor kendaraan. Sempat terjadi ketegangan saat evakuasi napi berlangsung. Massa akhirnya membubarkan diri setelah aparat menghalau.

Informasi yang dihimpun Radarsolo.co.id, kerusuhan itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Salah satu sumber mengatakan, kerusuhan tersebut dipicu karena sejumlah pembesuk napi bertemu dengan kelompok napi lainnya. Karena saling ejek, terjadi kerusuhan. Menurut sumber tersebut, dua kelompok ini sering bertikai saat bertemu di luar lapas. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia