Senin, 21 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Bobol Mesin ATM Belajar dari Internet 

11 Januari 2019, 12: 36: 23 WIB | editor : Perdana

Bobol Mesin ATM Belajar dari Internet 

KARANGANYAR – Pembobol uang ATM di kompleks SPBU Dagen, Jaten, Karanganyar Minggu lalu (5/1) berhasil dibekuk. Tersangka Safnirwan Ali, 49, warga Gedongtengen, Jogjakarta ini mengaku keahlian dia ini didapat setelah belajar dari video yang diunggah di Youtube. 

 “Belajarnya dari Youtube, kemudian sejumlah peralatan saya siapkan dan saat jalan-jalan ke Karanganyar, melihat ada mesin ATM itu kemudian langsung saya coba,” kata Safnirwan saat gelar perkara di Mapolres Karangayar kemarin (10/1).  

Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Effendi dalam gelar perkara yang dilakukan bersama dengan Kapolsek Jaten AKP Lukman mengatakan, penangkapan terhadap pelaku dilakukan Minggu (5/1) pukul 14.30 WIB. Korban warga Mojolaban, Sukoharjo, datang ke ATM di kompleks SPBU Dagen, Jaten. Dengan niat untuk mengambil uang transfer dari keluarganya yang berada di Batam. 

Namun, setelah dilakukan proses transaksi, uang sebesar Rp 2 juta yang bakal ditarik oleh korban tak bisa diambil. Melihat di layar tersebut ada nomor untuk pelayanan gangguan, selanjutnya korban menghubungi nomor tersebut.

Namun bukan petugas dari bank yang datang, melainkan pelaku yang saat itu menyamar sebagai petugas bank berusaha untuk mengarahkan korban datang ke kantor cabang penyedia ATM Tersebut. Setelah korban pergi, selanjutnya pelaku dengan leluasa mengambil uang milik korban yang tidak bisa keluar karena terganjal oleh batang korek yang sebelumnya dipasang oleh pelaku di dalam mesin ATM.

“Korban saat itu curiga, kemudian melaporkan ke Polsek Jaten. Dan anggota  saat itu bergerak cepat akhirnya berhasil menangkap pelaku di rumahnya di Jogjakarta. Beberapa barang bukti di antaranya kartu ATM, buku tabungan, serta beberapa stiker pelayanan yang sebelumnya sudah diubah oleh pelaku,” kata Kapolres.

Untuk mempertangungjawabkan atas tindakan yang dilakukan, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun. (rud/bun)

Aksi Pembobol ATM Amatir

1. Korban mengambil uang di ATM SPBU Dagen, Karanganyar.

2. Namun uang yang sudah terdebet Rp 2 juta tak bisa keluar.

3. Pelaku kemudian datang mengaku petugas bank dan menyarankan korban melapor ke bank.

4. Setelah korban pergi, pelaku mengambil uang korban dari ATM yang sebelumnya tidak bisa keluar karena sengaja diganjal dengan batang korek api oleh pelaku.   

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia