Rabu, 20 Mar 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Kebangkitan Filantropi Islam

11 Januari 2019, 20: 16: 55 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Suasana di Humanity Distribution Center Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Suasana di Humanity Distribution Center Aksi Cepat Tanggap (ACT). (ISTIMEWA)

TIGA belas tahun sudah Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkiprah dalam menangani kebencanaan dan krisis kemanusiaan. Sebagai lembaga kemanusiaan berbasis filantropi, ACT hadir sebagai rumah tangga besar jemaah kemanusiaan yang berikhtiar untuk kian kokoh menebar maslahat, menguatkan tiang spiritualitas, dan jiwa humanisnya.

Selama perjalanannya, program-program berbasis filantropi Islam digulirkan sebagai solusi untuk permasalahan kemanusiaan yang ada. Baik program wakaf, zakat, dan qurban diinisiasi sejalan dengan beragam aksi kemanusiaan untuk masyarakat terdampak bencana dan konflik kemanusiaan.

”Seiring berjalannya waktu, ACT kian berkembang dengan penerapan program filantropi Islam yang luas untuk mengatasi permasalahan yang ada, termasuk isu-isu kemiskinan yang masih membelenggu umat hingga kini,” ungkap Ahyudin, Presiden ACT .

Semangat filantropi Islam terus berkembang, membentuk momen inspirasi yang menggerakkan ACT untuk terus melangkah jauh. Semangat itu berwujud dengan lahirnya aksi kemanusiaan yang datang dari masing-masing program filantropi Islam ACT.

”Program zakat dan kurban mendukung aksi-aksi kemanusiaan yang berkaitan langsung dengan penyelamatan hidup umat, misalnya saat masa tanggap darurat kebencanaan dan krisis kemanusiaan. Sementara program wakaf mendukung aksi-aksi kemanusiaan yang berkaitan langsung dengan pemberdayaan umat. Semua saling terhubung untuk memberi solusi bagi permasalahan kemanusiaan yang ada,” terang Ahyudin.

ACT melihat hal ini sebagai kebangkitan filantropi Islam. Perlahan, program-program berbasis filantropi Islam tersebut kian kuat melayani umat dan lahir menjadi brand yang mandiri: Global Zakat, Global Qurban, dan Global Wakaf.  

Bersama Global Zakat, ACT membantu masyarakat pra-sejahtera dan korban bencana melalui program pangan, air bersih, dan kesehatan seperti Humanity Food Truck (HFT), Mobile Social Rescue, dan Humanity Mobile Watertank.

Pada momen Idul Adha, ACT hadir bersama Global Qurban untuk mengantar kebahagiaan qurban ke penjuru Indonesia dan dunia. Sementara untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, ACT bersinergi dengan Global Wakaf melalui rangkaian program wakaf. Lumbung Pangan Wakaf, Lumbung Ternak Wakaf, Warung/Ritel Wakaf, Sumur Wakaf, hingga Humanity Distribution Center membentuk rantai pangan dari hulu ke hilir.

Rantai pangan ini bagian dari solusi total atas problematika umat di sektor pangan, baik dari sisi produksi, distribusi, hingga konsumsi. ”Ketika hidup mulai ditata, saatnya ekonomi menjadi bekal membangun kehidupan, didukung prosesnya,” jelas Ahyudin.

Melalui sinergi itu, ACT meraih potensi dengan melahirkan produk-produk masterpiece lain di ranah nasional dan global seperti Kapal Kemanusiaan, Integrated Community Shelter, Dapur Umum Indonesia dan Indonesia Humanitarian Center.

Sedangkan ACT Solo, baru berkiprah selama 5 bulan. Akan tetapi gerakan kemanusiaan telah terrealisasikan. Beberapa program lokal yang sudah terlaksana yaitu bantuan air bersih untuk kekeringan, Mobile Social Rescue yang merupakan pendampingan untuk masyarakat yang mempunyai penyakit parah dan program pengembangan keilmuan yang berupa majelis taklim di area Eks Karesidenan Surakarta.

Septi Endrasmoro, Kepala Cabang ACT Solo menuturkan, gerakan philatrophy ACT akan terus diperjuangkan, bersinergi dengan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) kedepannya ACT akan menggali potensi-potensi gerakan kemanusian untuk wilayah Eks Karesidenan Surakarta.

Pada 2019 ini, ACT optimis untuk memberi solusi nyata terhadap problematika umat seiring dengan kebangkitan filantropi Islam. Masyarakat Indonesia juga dapat berpartisipasi untuk mewujudkan kebaikan ini, dengan menyalurkan kepedulian melalui kanal donasi online di laman https://act.id/donasi atau melalui rekening BNI Syariah #88 00000 592 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Kantor Cabang ACT Solo

Jalan A. Yani 278 C Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Telp. (0271) 7467290 | Whatsapp Center : 0812 2928 8894a

(rs/fer/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia