Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Solo

PDAM Jamin Air di Pucangsawit Aman 

12 Januari 2019, 16: 47: 46 WIB | editor : Perdana

CEK RUTIN: Pekerja memerbaiki pipa saluran PDAM.

CEK RUTIN: Pekerja memerbaiki pipa saluran PDAM. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Warga Pucangsawit, Jebres sempat digegerkan adanya cacing dalam air perusahaan daerah air minum (PDAM) Surakarta. Namun, dipastikan air tersebut aman untuk dikonsumsi. 

"Pengujian laboraturium masih dilakukan. Kemungkinan sepuluh hari ke depan hasilnya keluar. Bisa kami pastikan air yang terdistribusi ke rumah pelanggan aman untuk dikonsumsi, dengan catatan harus dimasak terlebih dahulu," beber Humas PDAM Surakarta Bayu Tunggul kemarin (11/1).

Adapun pengujian terhadap sampel air meliputi secara Fisika, Kimia, dan bakteri. Secara fisika, keadaan air tidak berbau, berasa dan berwarna sehingga bisa dikonsumsi warga.

Sedangkan unsur Kimia, yaitu kadar Ph (tingkat keasaman) dan kekeruhannya masih harus diuji di laboraturium. Begitu pula bakteri pada sampel air.

"Sampel air yang diambil di dua rumah pelanggan terdapat dugaan adanya jentik nyamuk. Bukan cacing seperti yang dilaporkan. Sehingga keesokan harinya langsung dilakukan pembersihan tandon di instalasi pengolahan air (Ipa) Jurug," jelasnya. 

Pihaknya juga melakukan pengecekan dan mengatur ulang pemberian desinfektan pada air tampungan di Ipa Jurug. "Kondisi air baku yang kami ambil dari Sungai Bengawan Solo akan berubah-ubah setiap waktu. Maka dari itu, pemberian desinfektan pada air yang diolah juga berbeda-beda jumlahnya,"  ungkap dia. 

Sementara itu, Painem, 48, warga Pucangsawit, RT 03/RW 14 berharap PDAM Surakarta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. "Harapan ke depan tidak ada permasalahan soal air keruh hingga terdapat cacing hidup pada air PDAM,” tegasnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia