Selasa, 22 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Panitia PA 212 Pastikan Tabligh Akbar Bebas Politik

13 Januari 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Perdana

JAGA KONDUSIVITAS: Personel gabungan gelar apel pengamanan tabligh akbar di Stadion Manahan kemarin (12/1).

JAGA KONDUSIVITAS: Personel gabungan gelar apel pengamanan tabligh akbar di Stadion Manahan kemarin (12/1). (SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO)

SOLO – Guna menjamin kelancaran tabligh akbar presidium alumni (PA) 212 Eks Karesidenan Surakarta di kawasan Bundaran Gladak, TNI-Polri mengerahkan 2.300 personel. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surakarta juga ikut melakukan pengawasan untuk memastikan tidak ada muatan politik di dalamnya. 

"Kegiatan tersebut akan melibatkan massa cukup banyak sehingga perlu pengamanan khusus. Nanti di-back-up Brimob Polda Jawa Tengah, TNI, Dalmas Polda Jawa Tengah dan jajarna plres. Ada 2.300 personel yang kita turunkan," ujar Kapolresta Surakarta Kombespol Ribut Hari Wibowo usai memimpin apel kesiapan pengamanan, Sabtu (12/1).

Ribuan personel itu disebar di titik strategis mulai dari Bundaran Gladak hingga sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Pengamanan dilakukan secara humanis dan simpatik agar kegiatan berjalan lancar dan tertib. 

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Surakarta Agus Sulistyo menuturkan, pihaknya ikut melakukan pengawasan guna memastikan kegiatan tersebut tidak ada unsure politik praktis.

"Kami akan fokus pada konteks pelaksanaan kegiatan. Walaupun salah seorang tokoh yang hadir adalah Dahnil Anzar juru bicara pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno," jelas dia. 

"Tabligh akbar harus sesuai dengan konteksnya. Jangan sampai ada pemasangan alat peraga kampanye,” imbuh Agus.

Humas dan panitia tabligh akbar Endro Sudarsono memastikan kegiatan tersebut tidak ada kaitannya dengan politik. "Untuk kategori kampanye kita jamin tidak ada. Kita juga sanggup kepada kepolisian untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan Kota Solo," tandasnya. 

Adapun sejumlah ustad yang dijadwalkan hadir untuk memberikan tausiyah antara lain Haikal Hasan, Slamet Maarif, Fadlan Garamatan, dan Miunudinillah Basri. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia