Kamis, 20 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Nelayan Panen Rumput Laut

14 Januari 2019, 16: 24: 14 WIB | editor : Perdana

Nelayan Panen Rumput Laut

WONOGIRI – Nelayan di pinggir Pantai Nampu, Kecamatan Paranggupito melakukan panen rumput laut kemarin (13/1). Walaupun begitu mereka diimbau berhati-hati terhadap gelombang tinggi. 

Kepada Dusun Guntur, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito Widhi Hartono mengatakan, masyarakat sekitar memiliki kearifan lokal. Mereka biasa memahami tanda-tanda alam. Walaupun sudah ada himbauan gelombang tinggi mereka tetap bisa berhati-hati. ”Kita sudah berikan himbauan,” papar dia. 

Ada berbagai jenis rumput laut yang mereka panen tumbuh di pantai nampu dan sekitarnya. Kebanyakan yang mereka ambil adalah jenis Kinjeng, Kendal, Ranten, Jimbar dan Agar-agar. Hasil dari panenan ini cukup lumayan.  

Para nelayan biasa berangkat ke laut sekitar pukul 01.00 dinihari. Pada waktu itu ombak surut hingga 300 meter dibibir pantai. Saat itulah para nelayan memanen rumput laut. Hasilnya mereka jual seperti jenis kinjeng, ranten, kendal dan jimbar harganya perkilo Rp 1000, satu warga atau nelayan bisa dapat 1 kwintal. Kalau untuk yang jenis agar-agar Rp 10 ribu perkilo, tapi dapatnya tidak banyak paling 20 kilo.  Menurut Widhi, nelayan biasa menjual hasil rumput laut di pasar-pasar sekitar Paranggupito. Seperti Pasar Baturetno, Pasar Ketos dan Pasar Paranggupito.

Sementara itu, Gelombang tinggi diperairan laut selatan Wonogiri diperkirakan akan terjadi hingga tiga hari mendatang. Kepala Palaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mulai Minggu (13/1) hingga Rabu (16/1) mendatang. Pola angin di utara Indonesia umumnya dan arah utara timur Iaut dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot, sedangkan di selatan wilayah Indonesia umumnya dari arah barat daya barat Iaut dengan kecepatan angin berklsar antara 5-20 knot. (kwl/yan)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia