Rabu, 19 Jun 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Misi Utama Unisri Meningkatan Akreditasi Prodi

14 Januari 2019, 17: 39: 04 WIB | editor : Perdana

Misi Utama Unisri Meningkatan Akreditasi Prodi

SOLO – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) segera akan meningkatkan akreditasi program studi (prodi). Pembenahan akreditasi tersebut menjadi program jangka dekat Rektor UNISRI terpilih periode 2019-2023, Sutardi. 

Ada satu prodi di Unisri yang naik tingkat menjadi akreditasi A. “Akan ada pembenahan administrasi prodi yang masih terakreditasi B dan C. Kami coba untuk tingkatan. Karena sudah jelas, jika kami punya prodi terakreditasi A satu saja, bisa mengembangkan sayap lebih lebar. Seperti membuka Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU). Ini yang akan segera kami tingkatkan,” beber Sutardi

Sutardi menambahkan pembenahan akreditasi ini didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pihaknya mendorong para dosen untuk studi lanjut. Sehingga dosen bergelar doktor semakin banyak.

”Studi lanjut bagi dosen itu kewajiban untuk mereka bisa naik tingkat. Dengan mengelola SDM dengan baik, kami akan bisa lebih berkarya lagi. Kami juga akan latih para dosen untuk mempunyai judul penelitian dan menyusun jurnal ilmiah,” sambungnya.

Untuk program jangka panjang, lanjut Sutardi, pihaknya akan mereduksi masa studi mahasiswa agar lebih pendek. Selama ini, masih banyak mahasiswa yang menghabiskan dua kali masa studi. Menurutnya, hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya effort mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan.

“Padahal masa studi yang panjang kan butuh biaya tinggi. Nah kami akan mencoba mengurangi masa studi tersebut di kalangan mahasiswa,” imbuhnya.

Sutardi mengaku saat ini sudah tidak ada lagi dikotomi antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Ini menjadi peluangnya untuk semakin berkembang. Sebab, saat ini pilihan sepenuhnya di tangan masyarakat.

“Era revolusi industri 4.0 sarat dengan hal-hal yang meliputi produk yang dihasilkan massal dengan biaya murah. Persaingan kini makin ketat ditambah dengan penggunaan teknologi informasi. Ini yang akan mempengaruhi kehidupan perguruan tinggi dan harus disikapi bijaksana. Semoga rektor terpilih dapat memobilisasi potensi kampus secara taktis sehingga dapat menjalani kemajuan,” ungkap Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi, Soelarno.

Soelarno berharap, rektor terpilih dapat membawa kemajuan bagi UNISRI. Terutama dalam pemeringkatan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sebagai informasi, dalam kurun waktu empat tahun terakhir, UNISRI menduduki peringkat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. (aya/nik)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia