Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

RSUD Semanggi Juni Beroperasi, Rekrut 150 Personel Medis 

18 Januari 2019, 20: 10: 48 WIB | editor : Perdana

LANCAR: Progres pembangunan gedung RSUD Semanggi yang ditarget rampung Mei. Sarana prasarana lainnya segera dilengkapi.

LANCAR: Progres pembangunan gedung RSUD Semanggi yang ditarget rampung Mei. Sarana prasarana lainnya segera dilengkapi. (ARYADI ARMI SYAH PUTRA/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot mulai melakukan perekrutan tenaga kesehatan dan tenaga teknis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Semanggi. Diperkirakan Juni tahun ini rumah sakit kedua milik pemkot itu akan beroperasi.

Pembangunan RSUD Semanggi dipastikan rampung akhir Mei 2019. Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Purwanti menjelaskan, proses pembangunan tidak mendapati kendala apapun. Seluruh tahapan telah dilaksanakan sejak 2017 hingga sekarang.

Anggaran Rp 192 miliar digelontorkan dari APBD Kota Solo yang dibagi dalam tiga tahap. Yakni Rp 24 miliar di tahun pertama, Rp 99 miliar, dan Rp 69 miliar melalui APBD 2018 dan 2019.

"Tadi (kemarin) ada rapat, memang kita merencanakan untuk perekrutan tenaga. Baik tenaga kesehatan maupun tenaga teknis. Dari dokter spesialis hingga tenaga kebersihan. Semua dicukupi dari ASN (aparatur sipil negara) dan tenaga kontrak pemkot," katanya, Kamis (17/1).

Purwanti memperkirakan total kebututuhan tenaga untuk RSUD Semanggi sebanyak 150 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan aturan pemberlakuan tenaga di rumah sakit dengan tipe C.

"RSUD Semanggi kan masuk tipe C. Untuk tahun pertama akan melayani kapasitas 100 tempat tidur. Sesuai regulasi, tenaganya sekitar itu (150 orang)," imbuhnya.

Mereka akan mulai bekerja sekitar bulan Juni. Sebelumnya tenaga kesehatan akan dimagangkan di RSUD Ngipang. Setelah dirasa memenuhi standar pelayanan, mereka akan ditempatkan d RSUD Semanggi.

Di lain sisi, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menjelaskan, rumah sakit di Semanggi itu bakal menjadi rumah sakit terbaik milik pemerintah daerah di Eks Karesidenan Surakarta. RSUD Semanggi akan memiliki sejumlah fasilitas andalan. Salah satunya adalah ruang operasi ekslusif.

"Tahap pertama kita siapkan empat ruang operasi terlebih dahulu. Ditambah satu ruang operasi eksklusif yang tidak semua rumah sakit punya," katanya. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia